Abstrak:Ada banyak pelajar yang percaya bahwa pembelajaran bahasa dibantu komputer (CALL) memilikiefek penting pada pencapaian kosa kata. Untuk tujuan ini, proyek penelitian ini bertujuan untukmenyelidiki hasil studi pengaruh pembelajaran bahasa dibantu komputer (CALL) mengenaipencapaian kosa kata STMIK Royal Kisaran untuk sistem informasi mojoring pada semesterpertama. Penelitian ini dirancang agar bisa memberikan jawaban atas pertanyaan berikut:Apakah Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer (CALL) berpengaruh pada pencapaian kosakata STMIK Royal Kisaran ,? Untuk menjawab pertanyaan di atas, sekitar 72 siswa, dipilih secaraacak dan kemudian dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil yangdiperoleh selama penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara penggunaCALL dan nonusers yang mendukung kelompok eksperimen (p <0,05). Dengan demikian, yangtidak berlaku jawaban sementara ditolakKata Kunci : Call, Multimedia, Pencapaian Kosa KataAbstract:There are numerous language scholars who believe that computer assisted language learning (CALL) hassalient effect on vocabulary achievement. To this end, the present research project seeks to investigate theresults of a study of the effect of computer assisted language learning (CALL) on vocabulary achievement ofSTMIK Royal Kisaran espscially for mojoring information system at the first semester . The research wasdesigned so that it would provide answers to the following question: Does Computer Assisted LanguageLearning (CALL) have any effect on vocabulary achievement of STMIK Royal Kisaran,? In order to answerthe above question, some 72 students, were selected at random and then were divided into experimental andcontrol groups. The results obtained throughout the study indicated there was a significant differencebetween CALL users and nonusers in favor of the experimental group (p<0.05). Thus, the null hypothesiswas rejectedKeywords: Call, Multimedia, Vocabulary achievement
Copyrights © 2017