Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENCATAT TRANSAKSI DALAM JURNAL UMUM. (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SMA ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG TAHUN 2013/2014)

Yulizah, Rensi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar. Pengaruh ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi pada jurnal umum mata pelajaran akuntansi yang diterapkan pada siswa kelas XI IPS A dan XI IPS D SMA Angkasa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi eksperimen dengan kelompok eksperimen dan kontrol dengan hanya pascates.Pengujian hipotesis menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen ialah 78,13, sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol 74. Perhitungan uji t dk 78 dan taraf kepercayaan 95% menunjukkan t hitung 4,26 dan t ­tabel 1,99  sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang tidak mendapatkannya. Dengan adanya perbedaan yang signifikan tersebut maka model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan terdapatnya pengaruh tersebut maka model tersebut dapat digunakan oleh guru yang lainnya dalam pembelajaran akuntansi  Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The ...