cover
Contact Name
Dr. Yana Setiawan, S.Pd., MM
Contact Email
yanasetiawan@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
henimulyani@upi.edu
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 2337408X     EISSN : 26563266     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The scopes of the topics include [1] Education include : Accounting Education, Financing Education, Accounting Learning Model, Entrepreneur in Accounting, Accounting Learning Media [2] Accounting Science include : Management Accounting, Financial Accounting, Public Sector Accounting, Sharia Accounting, Accounting Information Technology, Auditing, Professional Ethics, Accounting Education, [3] Banking and Finance.
Arjuna Subject : -
Articles 169 Documents
PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL TERHADAP PROFITABILITAS PT. BANK MEGA SYARIAH PERIODE 2008-2011 Purnamasari, Imas; Latifah, Widi Asih Noor
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v1i1.15231

Abstract

PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL TERHADAP PROFITABILITAS PT. BANK MEGA SYARIAH PERIODE 2008-2011
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 11 BANDUNG TAHUN 2013/2014 PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPROSES ENTRI JURNAL) Jamilah, Fitri Kurnia Nur
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v3i1.15431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan monopoli terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi yang diterapkan pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 11 Bandung pada standar kompetensi memproses entri jurnal.Penelitian ini berawal dari sebuah fenomena yang terjadi di SMKN 11 Bandung mengenai hasil belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Akuntansi yang masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah data berupa nilai ulangan harian pada mata pelajaran Akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X Akuntansi, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 2 dan X Akuntansi 3, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas X Akuntansi 2 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas X Akuntansi 3. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 81,50, sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol 72,03. Perhitungan uji t dua arah pada dk 63 dan taraf kepercayaan 95% menunjukkan t hitung 3,5602 dan t ­tabel 1,9983  sehingga  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media permainan monopoli berpengaruh terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Media Permainan Monopoli, Hasil Belajar
Analisis Transparansi dan Akuntablitias Pengelolaan Dana Sekolah Nurdiani, Mia Silmi; Nugraha, Nugraha
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v6i1.15831

Abstract

 AbstractThis research was conducted at SMK Negeri 11 Bandung. The problem examined in this study is that there are still schools that tend to be not transparent in managing school funds. The objectives of this study were: 1) to find out how the school funds management was described, 2) to find out whether the school was transparent in managing school funds and 3) to find out whether the school was accountable in managing school funds. The research method used is descriptive method with a quantitative approach. Tool for collecting data about transparency and accountability with non-test techniques in the form of questionnaires and interviews. The data analysis technique uses descriptive analysis. The results showed that the transparency of fund management at SMK Negeri 11 Bandung showed a transparent category with a percentage of 81.95% of the management accountability of the funds showing an accountable category with a percentage of 85.04%. Keywords. transparency; accountability; school fund management AbstrakPenelitian ini dilakukan di SMK Negeri 11 Bandung. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah masih adanya sekolah yang cenderung tidak transparan dalam pengelolaan dana sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana gambaran pengelolaan dana sekolah, 2) untuk mengetahui apakah sekolah telah transparan dalam pengelolaan dana sekolah dan 3) untuk mengetahui apakah sekolah telah akuntabel dalam pengelolaan dana sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data tentang transparansi dan akuntabilitas dengan teknik non tes dalam bentuk kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi pengelolaan dana di SMK Negeri 11 Bandung menunjukkan kategori transparan dengan persentase 81,95% akuntabilitas pengelolaan dana menunjukkan kategori akuntabel dengan persentase 85,04%. Kata Kunci: transparansi; akuntabilitas; pengelolaan dana sekolah.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI Mulyadi, Ajang
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v4i1.15417

Abstract

Penelitian ini berawal dari sebuah fenomena yang terjadi di SMA Negeri 18 Bandung, dimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi bisa dikatakan rendah. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah data awal berupa data absensi siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Akuntansi. Terdapat banyak hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, yaitu penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 18 Bandung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 18 Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS sebanyak 140 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Data mengenai penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa didapatkan dengan menyebarkan angket. Pengujian statistik yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas data, uji linieritas, analisis korelasi, uji determinasi dan uji signifikansi. Perhitungan statistik tersebut dibantu dengan software SPSS v.16 for Windows. Gambaran penggunaan media pembelajaran berdasarkan persepsi siswa berada pada kategori cukup, yaitu sebesar 65,38%. Sedangkan motivasi belajar siswa menurut persepsi siswa berada pada kategori cukup pula dengan nilai sebesar 58,65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi. Hasil penelitian ini telah diuji dan diterima kebenarannya dengan tingkat kepercayaan 95%. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,453 dan koefisien determinasi sebesar 0,205. Hal ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi sebesar 20,5%. Sedangkan sisanya sebesar 79,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.  Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Yuliyanti, Leni
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v2i2.15464

Abstract

The objective  of  this  research was to discover  the  effects  of  Good Corporate Governance(CGC)  and  Corporate  Social  Responsibility  (CSR)  disclosure  on  firm  value.  This  studyemployed a descriptive-verifying method. The population in this study was the companies listedin  the  IICGP ranking,  selected  through  purposive  sampling  technique.  The  data  collectiontechnique  utilized  documentation  study  with  descriptive  analysis  technique  and  classicalassumption tests;  F test  and t  test.  The results  of  the study demonstrated that  GCG gavesignificant positive effect on firm value, CSR disclosure gave significant positive effect on firmvalue, as well as GCG and CSR disclosure gave significant positive effect on firm value.
PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATU BARA MILIK SWASTA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2014) Kamila, Nazmi Fajrin Nur
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i2.15405

Abstract

AbstractThis study aims to determine the effect of Receivable Turnover (RT) on profitability in privately owned coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2011-2014 period, where profitability is proxied on Return on Total Assets (ROA). The research method used is descriptive and verification research methods. The data collection technique used is the documentation method. Data in the form of financial statements obtained from the official website of the Indonesia Stock Exchange. The population in this study were 22 privately owned coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The sampling technique used purposive sampling to obtain a sample of 18 companies. Processing data in this study using simple linear regression statistical calculations. Before doing a simple linear regression analysis, a normality test and linearity test were carried out. Furthermore, regression testing is carried out using the F test, then proceed with the significance test of the regression coefficient using the t test. Based on the results of statistical processing obtained the ROA regression equation = 1.498974 + 0.282112 RT. Through hypothesis testing, the regression equation shows that accounts receivable turnover has a positive effect on profitability with a coefficient of 0.282112. That is, if the accounts receivable turnover has increased by one time, then profitability will increase by 0.282112%.Keywords. accounts receivable turnover; profitability AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran piutang (Receivable Turnover – RT) terhadap profitabilitas pada perusahaan pertambangan batu bara milik swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014, dimana profitabilitas diproksikan pada Return on Total Assets (ROA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data berupa laporan keuangan yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 22 perusahaan pertambangan batu bara milik swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 18 perusahaan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik regresi linier sederhana. Sebelum melakukan analisis regresi linier sederhana, dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Selanjutnya, dilakukan pengujian regresi menggunakan uji F, kemudian dilanjutkan dengan pengujian keberartian koefisien regresi dengan menggunakan uji . Berdasarkan hasil pengolahan statistik diperoleh persamaan regresi . Melalui pengujian hipotesis, persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa perputaran piutang berpengaruh positif terhadap profitabilitas dengan koefisien sebesar 0,282112. Artinya, apabila perputaran piutang mengalami kenaikan sebanyak satu kali maka profitabilitas pun akan meningkat sebesar 0,282112%.Kata Kunci. perputaran piutang; profitabilitas.
ANALISIS PENGGUNAAN ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA Nurwinda, Ragil
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v2i1.15455

Abstract

ANALISIS PENGGUNAAN ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP PENGELUARAN ZAKAT DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA Sumiyati, Ani
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.15379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran profitabilitas, pengeluaran zakat dan ukuran perusahaan, serta memverifikasi pengaruh profitabilitas terhadap pengeluaran zakat dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada bank umum syariah di Indonesia. Profitabilitas diukur dengan menggunakan Return On Assets (ROA) dan ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan total aset. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menganalisis data. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 data observasi dari delapan bank umum syariah di Indonesia selama periode 2011-2016. Temuan penelitian ini adalah profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengeluaran zakat dan ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap pengeluaran zakat. Penelitian ini juga menemukan bahwa ukuran perusahaan dalam penelitian ini hanya berperan sebagai variabel prediktor dalam model hubungan yang dibentuk. Kata kunci: Bank Umum Syariah, MRA, Profitabilitas,  Ukuran Perusahaan, Zakat Perusahaan
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG DALAM PEKULIAHAN ANGGARAN PERUSAHAAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI Mulyani, Heni
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v3i2.15437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial sebagai penunjang dalam perkuliahan serta dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial tersebut dalam perkuliahan mata kuliah anggaran perusahaan di program studi Pendidikan Akuntansi FPEB UPI. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one group only design dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dengan instrumen lembar pengamatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan  media sosial (khusunya facebook)  dapat menjadi penunjang yang efektif dalam  proses  perkuliahan  karena aktivitas belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Facebook  dapat mengatasi permasalahan ruang dan waktu yang  terbatas di dalam  kelas. Mahasiswa dan dosen  dapat  melanjutkan  interaksi  perkuliahan  secara online untuk  membahas permasalahan terkait  materi perkuliahan. Mahasiswa dapat menanyakan  dan  mengemukakan  pendapat  serta saling membantu dalam memahami materi perkuliahan. Penggunaan facebook sebagai penunjang dalam perkuliahan akan memberikan dampak yang positif apabila dikelola dengan baik dan diberikan batasan-batasan yang jelas dalam  melakukan interaksi, karena  dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih aktif sehingga mempermudah mereka dalam memahami materi melalui intensitas komunikasi dan interaksi yang dilakukan di luar jam perkuliahan.Kata Kunci : Media Sosial, Penunjang Perkuliahan
Determinan Motivasi, Partisipasi Anggaran, dan Komunikasi Terhadap Kinerja Organisasi dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Mudawanah, Siti
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v7i1.15902

Abstract

AbstractThis study aims to analyze the effect of motivation, budget participation and communication on organizational performance with job satisfaction as an intervening variable. There are results of previous studies that are inconsistencies regarding the effect of budget participation on performance so motivating in conducting this research. The research method uses a quantitative method, an analytical tool that is SmartPLS Version 3.0. The population of this study is all universities in Lebak Regency, the sample method uses saturated samples. The results of the study show that communication and job satisfaction have a significant effect on organizational performance. Then, motivation and communication on organizational performance with job satisfaction as an intervening variable have a significant influence. Whereas, motivation and budget participation do not have a significant effect on organizational performance and budget participation on organizational performance with job satisfaction as an intervening variable that does not have a significant effect. Keywords: job satisfaction; organizational performance; communication; motivation; budget participation. AbstrakPenelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh  motivasi, partisipasi anggaran dan komunikasi terhadap kinerja organisasi dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Terdapat hasil penelitian sebelumnya yang inkonsistensi mengenai pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja sehingga memotivasi dalam melakukan penelitian ini. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif,  alat analisis yaitu perangkat lunak SmartPLS Versi 3.0. Populasi penelitian ini seluruh perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Lebak, metode sampel menggunakan sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi, dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Kemudian, motivasi dan komunikasi terhadap kinerja organisasi dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening memiliki pengaruh signifikan. Sedangkan, motivasi dan partisipasi anggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi dan partisipasi anggaran terhadap kinerja organisasi dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening tidak memiliki pengaruh signifikan. Kata Kunci: kepuasan kerja; kinerja organisasi; komunikasi;  motivasi; partisipasi anggaran.

Page 1 of 17 | Total Record : 169


Filter by Year

2013 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 11, No 1 (2023): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 10, No 1 (2022): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 9, No 1 (2021): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 8, No 2 (2020): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 8, No 1 (2020): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2019 Vol 7, No 2 (2019): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 2, No 2 (2014) Vol 1, No 2 (2013) Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN JULI 2018 Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018 Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018 Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017 Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017 Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2016 Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2016 Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015 Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015 Vol 3, No 1 (2015) Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014 Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014 Vol 1, No 2 (2013): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2013 Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2013 More Issue