Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI SMK BERBASIS ANIMASI INTERAKTIF PADA MATERI ASET TETAP BERWUJUD

Khamidah, Anissatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran akuntansi SMK berbasis animasi interaktif dan mengetahui kelayakan media animasi interaktif sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran akuntansi kelas XI akuntansi di SMK pada materi pengelolaan kartu aset tetap. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Thiagarajan yaitu model 4D (four D Models) yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), tahap pendesainan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan, tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan dana.Validasi media dilakukan oleh tiga subyek yaitu ahli materi, ahli media dan pengguna yaitu siswa. Simpulan penelitian media pembelajaran akuntansi SMK berbasis animasi interaktif yang dikembangkan ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) dan tingkatkelayakannyayaitu sebesar 94,55% dengan kategori sangat layak. Saran penelitian ini adalah media animasi interaktif  ini cocok diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung;penggunaan media animasi interaktif ini diperlukan beberapa spesifikasi komputer; perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada tahap penyebaran (dessiminate); perlu adanya kelayakan sampai hasil belajar; dan perlunya perluasan penerapan pada materi lain.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The ...