Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2016

PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN AKUNTANSI

Alamsyah, Sakti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir terhadap pengetahuan akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan desain penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah dengan menggunakan statistik parametrik dengan teknik analisis regresi multiple. Penarikan kesimpulan hasil penelitian menggunakan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa , pengujian hipotesis menunjukkan kemampuan berpikir matematis berpengaruh secara positif  dan signifikan pada sikap terhadap  nilai-nilai keilmuan akuntansi akuntansi. Artinya semakin tinggi  kemampuan berpikir matematis maka semakin positif sikap terhadap nilai-nilai keilmuan akuntansi. Implikasi dari hasil penelitian yang disarankan peneliti adalah bahwa diperlukan proses mengubah pandangan hidup pembelajaran yang berorientasi kepada hasil belajar terutama peningkatan sikap belajar, dalam hal ini sikap nilai-nilai akuntansi. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir, Pengetahuan AKuntansi

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The ...