Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG)

Wahyuni, Shinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi UPI Bandung. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan desain penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah dengan menggunakan statistik parametrik dengan teknik analisis regresi multiple. Penarikan kesimpulan hasil penelitian menggunakan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan minat belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Implikasi dari hasil penelitian yang disarankan peneliti adalah bahwa para mahasiswa harus dapat lebih mengendalikan emosinya dan lebih mandiri dalam belajar untuk memperoleh prestasi belajar yang lebih baik. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Minat  Belajar, Prestasi Belajar, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The ...