Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Azis, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di kelas XI Farmasi SMK PGRI 2 Cimahi dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi pada jurnal umum perusahaan dagang dalam mata pelajaran akuntansi. Fenomena yang terjadi di SMK PGRI 2 Cimahi khususnya dikelas XI Farmasi ini mengenai hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah data berupa nilai Ujian Tengah Semester (UTS) pada mata pelajaran akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan kelas eksperimen dan kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Farmasi 1 dan XI Farmasi 2, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI Farmasi 1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI Farmasi 2. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t.Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa H0 di tolak sedangkan alternatif diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran kontekstual. Maka dari itu penggunaan model pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The ...