Quagga
Vol 9, No 02 (2017)

BERNALAR DAN ARGUMENTASI MELALUI PROBlEM BASED LEARNING

Giena Sri Restu Kumala (Universitas Kuningan)
Ilah Nurlaelah (Universitas Kuningan)
Ina Setiawati (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Uji hipotesis dengan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menjelaskan terdapat korelasi antara bernalar dan argumentasi siswa  yang terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal, selain itu  itu, strategi pembelajaran dan tingkat kognitif siswa dalam memandang sebuah permasalahan dapat mempengaruhi pola penalaran siswa tersebut. Strategi pembelajaran  problem based learning  memfasilitasi siswa untuk dikenalkan dengan masalah yang bersifat ill-structured yang dapat melatih  siswa dalam membuat  solusi untuk memecahkan permasalahan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...