Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika
Vol 3, No 1 (2017)

Pembangunan Nilai Demokrasi dan Nasionalisme sebagai Kurikulum Tersembunyi di SMAN CMBBS

Rizki Setiawan (Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta))



Article Info

Publish Date
31 May 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan  untuk  mendeskripsikan  pembangunan  karakter  melalui  penanaman  nilai  demokrasi dan nasionalisme peserta didik melalui kurikulum tersembunyi. Metode penelitian yang  digunakan adalah kualitatif dengan strategi studi kasus. Lokasi penelitian ialah di SMAN CMBBS  Pandeglang, Banten. Hasil penelitian menunjukkan, (1) terdapatnya praktik pembangunan karakter  melalui  penanaman  nilai  demokrasi  dan  nasionalisme  beserta  kearifan  lokal  pada  peserta  didik  melalui kurikulum tersembunyi. (2) Nilai-nilai demokrasi yang dikembangkan dalam pembelajaran  adalah  sebagai  berikut:  pemahaman  hak  dan  kewajiban;  keberanian  berargumentasi;  mampu  membuat  kesepakatan;  memiliki  toleransi;  menghormati  pendapat;  mampu  memimpin;  bertanggungjawab;  dan  memiliki  rasa  persatuan.  (3)  Nilai-nilai  nasionalisme  yang  dikembangkan  dalam  pembelajaran  untuk  membentuk  perilaku  siswa  ialah  berupa:  taat  dengan  aturan  di  lingkungan sekolah; perilaku jujur; tanggung jawab; toleransi; saling menghargai dan menghormati;  disiplin; religius; mandiri; demokratis; cinta tanah air; dan peduli dengan teman.Kata Kunci: kurikulum tersembunyi, pendidikan demokratis, nasionalisme, pendidikan.AbstractThis  study  aims  to  describe  the  development  of  character  through  the  cultivation  of  democratic  values and  nationalism  of  learners  through  a  hidden  curriculum.  The  research  method  used  is  qualitative  with  case  study  strategy.  The  research  location  is  at  SMAN  CMBBS  Pandeglang,  Banten. The results show, (1) the existence of character building practices through the inculcation  of  democratic  values and  nationalism  along  with  local  wisdom  to  learners  through  the  hidden  curriculum.  (2)  The  values of  democracy  developed  in  learning  are  as  follows:  understanding  of  rights and obligations; courage to argue; able to make a deal; have tolerance; respect for opinion;  able to lead; to be responsible; and have a sense of unity. (3) The values of nationalism developed  in  learning  to  shape  student  behavior  are  in  the  form  of:  abiding  by  the  rules  in  the  school  environment;  honest  behavior;  responsible;  tolerance;  mutual  respect  and  respect;  discipline;  religious; independent; democratic; love the homeland; and caring with friends.Keywords: hidden curriculum, democratic education, nationalism, education.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Hermeneutika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

“Hermeneutika”memuat hasil penelitian yang berkaitan dengan pengembangan sains dan teknologi dalam bidang ...