AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembangunan karakter melalui penanaman nilai demokrasi dan nasionalisme peserta didik melalui kurikulum tersembunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan strategi studi kasus. Lokasi penelitian ialah di SMAN CMBBS Pandeglang, Banten. Hasil penelitian menunjukkan, (1) terdapatnya praktik pembangunan karakter melalui penanaman nilai demokrasi dan nasionalisme beserta kearifan lokal pada peserta didik melalui kurikulum tersembunyi. (2) Nilai-nilai demokrasi yang dikembangkan dalam pembelajaran adalah sebagai berikut: pemahaman hak dan kewajiban; keberanian berargumentasi; mampu membuat kesepakatan; memiliki toleransi; menghormati pendapat; mampu memimpin; bertanggungjawab; dan memiliki rasa persatuan. (3) Nilai-nilai nasionalisme yang dikembangkan dalam pembelajaran untuk membentuk perilaku siswa ialah berupa: taat dengan aturan di lingkungan sekolah; perilaku jujur; tanggung jawab; toleransi; saling menghargai dan menghormati; disiplin; religius; mandiri; demokratis; cinta tanah air; dan peduli dengan teman.Kata Kunci: kurikulum tersembunyi, pendidikan demokratis, nasionalisme, pendidikan.AbstractThis study aims to describe the development of character through the cultivation of democratic values and nationalism of learners through a hidden curriculum. The research method used is qualitative with case study strategy. The research location is at SMAN CMBBS Pandeglang, Banten. The results show, (1) the existence of character building practices through the inculcation of democratic values and nationalism along with local wisdom to learners through the hidden curriculum. (2) The values of democracy developed in learning are as follows: understanding of rights and obligations; courage to argue; able to make a deal; have tolerance; respect for opinion; able to lead; to be responsible; and have a sense of unity. (3) The values of nationalism developed in learning to shape student behavior are in the form of: abiding by the rules in the school environment; honest behavior; responsible; tolerance; mutual respect and respect; discipline; religious; independent; democratic; love the homeland; and caring with friends.Keywords: hidden curriculum, democratic education, nationalism, education.
Copyrights © 2017