JURNAL ILMIAH M-PROGRESS
Vol 8, No 1 (2018): JURNAL M-PROGRESS

RELATIONSHIP STRENGTH DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN

Ahmad Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi, mengingat bahwa dewasa ini semakin banyak perusahaan yang menjalankan perusahaannya dengan mengalihkan strategi mereka ke pemasaran dengan menjalin hubungan dan kerjasama yang kuat antara perusahaan dengan pelanggan yang popular dengan sebutan relationship strength, dengan tujuan untuk memperlancar pemasaran barang dan jasa dan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Kemudian untuk mengkaji berbagai variasi dalam relationship strength dan dampaknya dengan kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan (airline), dapat difokuskan pada tiga variasi atau dimensi yang membentuk relationship strength yaitu: trust, commitment, dan relationalism. Ada tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (Ha1) : Terdapat dampak kepercayaan dengan kepuasan pelanggan). (Ha2) : Terdapat dampak komitmen dengan kepuasan pelanggan (Ha3) : Terdapat dampak relationalism dengan kepuasan pelanggan Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa ketiga hipotesis yang diajukan semuanya terbukti gagal ditolak. Dari hasil pengujian Hipotesis Pertama (Ha1) dapat dibuktikan bahwa terdapat dampak yang positif antara kepercayaan dengan kepuasan pelanggan. Hasil uji Hipotesis Kedua (Ha2) juga terbukti bahwa terdapat dampak yang positif antara komitmen dengan kepuasan pelanggan. Hipotesis Ketiga (Ha3) juga terbukti bahwa terdapat dampak yang positif antara relationalism dengan kepuasan pelanggan. Dampak antara berbagai variasi atau dimensi-dimensi yang membentuk relationship strength dengan kepuasan pelanggan secara keseluruhan sangat kuat. Juga terdapat pengaruh Relationship Strength terhadap kepuasan pelanggan. Dari ketiga dimensi relationship strength diatas , maka yang paling tinggi pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan adalah kepercayaan Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini agar pihak maskapai penerbangan harus betuk betul menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan komitmen dan relationalism agar jalinan hubungan semakin kuat baik antara pelanggan dengan maskapai penerbangan. Juga, agar dipertimbangkan pemberian kompensasi yang cukup dan seimbang dengan tugas-tugas karyawan yang langsung berhubungan dengan pelanggan mereka karena tugas-tugas mereka cukup berat dan terkait dengan kepuasan pelanggan. Kata kunci : relationship strength, kepercayaan, komitmen dan relationalism

Copyrights © 2018