Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation
Vol 1, No 2

PERSEPSI KARYAWAN HOTEL TERHADAP MANFAAT SERTIFIKASI KOMPETENSI PARIWISATA BIDANG PERHOTELAN DI KOTA BANDUNG

Alvionita, Vindy (Unknown)
Kusumah, Ahmad Hudaiby Galih (Unknown)
Marhanah, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2018

Abstract

ABSTRAKSertifikasi Kompetensi Pariwisata merupakan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah guna meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia, termasuk bidang perhotelan. Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Pariwisata belum terlaksana dengan baik dan maksimal walaupun tujuan dibuatnya sertifikasi yaitu untuk kebaikan tenaga kerja itu sendiri. Sehingga penelitian ini berfokus kepada persepsi karyawan hotel terhadap manfaat Sertifikasi Kompetensi Pariwisata. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan menganalisis persepsi karyawan hotel terhadap Sertifikasi Kompetensi Pariwisata. Metode kualitatif dipilih dengan menggunakan analisis isi dengan kerangka model Harold D. Lasswell. Narasumber terdiri dari 21 karyawan hotel dengan posisi dan tempat kerja yang berbeda. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat dua karakteristik karyawan hotel yaitu yang menyatakan Sertifikasi Kompetensi Pariwisata bermanfaat dan tidak bermanfaat berdasarkan level experience, scope dan linearity. Hasil penelitian lainnya yaitu dalam aspek jenjang karir, kinerja karyawan dan persaingan dengan tenaga kerja lain terbagi menjadi dua bagian yaitu karyawan hotel yang menyatakan Sertifikasi Kompetensi Pariwisata bermanfaat dan tidak bermanfaat berdasarkan persepsi-persepsi karyawan hotel.Kata kunci: Sertifikasi Kompetensi Pariwisata, Persepsi Karyawan Hotel, Manfaat Sertifikasi Kompetensi Pariwisata.  THE PERCEPTION OF HOTEL EMPLOYEES ON THE BENEFITS OF TOURISM COMPETENCY CERTIFICATION IN HOSPITALITY IN BANDUNG  ABSTRACTTourism Competency Certification is a policy made by the government to increase the qualification of Indonesian labors including hospitality. All the previous research showed that Tourism Competency Certification does not going well and reach the full potency according to the purpose, eventhough it was made for the good purpose for the labor itself. This research focusing on the perception of hotel employees on the benefits of Tourism Competency Certification in hospitality. The purpose of this research is to identifying and analyzing employees perception on the benefits of Tourism Competency Certification.. Qualitative method chosen for this research with content analysis from Harold D. Lasswell. Interviewees consist of 21 employees on different positions and work areas. The result of this research found two characteristics of employees that says Tourism Competency Certification beneficial for their worklife and not beneficial based on three levels,  that is experience, scope and linearity.  Another the result of this research is the aspect of career path, employees performance, and the competition with the other labors then divided into two perception, that is hotel employees who certify Tourism Competency Certification is beneficial and not beneficial based on their perception.Keywords: Tourism Competency Certification, The Perception of Hotel Employees, The Benefits of Tourism Competency Certification.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Jithor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Health Professions Social Sciences Other

Description

Journal of Indonesian Tourism, Hospitality, and Recreation (Jurnal Pariwisata, Perhotelan dan Rekreasi Indonesia) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan dua keluaran (issues) dalam setahun pada bulan April dan Oktober. Redaksi juga turut mengundang para peneliti dan praktisi untuk dapat ...