UPEJ Unnes Physics Education Journal
Vol 5 No 3 (2016)

PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA SE-KOTA SALATIGA

Imastuti, Imastuti (Unknown)
Wiyanto, Wiyanto (Unknown)
Sugianto, Sugianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2017

Abstract

Laboratorium sebagai sumber pembelajaran fisika diperlukan untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Penelitian ini mengkaji semua laboratorium fisika SMA/MA se-Kota Salatiga dengan empat indikator, yaitu ketersediaan alat praktikum,  desain ruang laboratorium, administrasi laboratorium, pengelolaan penyelenggaraan praktikum, dan pelaksanaan keterampilan proses. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil pengukuran menggunakan teknik triangulasi dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tiap indikator dijelaskan sebagai berikut: (1) ketersediaan alat-alat praktikum fisika tergolong memadai dengan memperoleh nilai sebesar 66% (2) desain laboratorium fisika memiliki berbeda-beda variasi bentuk, dari model tradisional maupun non-tradisional. (3) administrasi laboratorium fisika cenderung cukup lengkap dan tertib dengan memperoleh nilai sebesar 50%. (4) menurut persepsi guru pengelolaan penyelenggaraan laboratorium fisika cenderung digunakan dengan wajar,  memperoleh nilai sebesar 67%, namun persepsi dari siswa hanya sebesar 39%. (5) menurut guru merasa mampu untuk mengembangkan keterampilan proses nilai sebesar 79%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...