UPEJ Unnes Physics Education Journal
Vol 6 No 1 (2017)

LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Kurnia, Wanda Hesti (Unknown)
Sugianto, Sugianto (Unknown)
Marwoto, Putut (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS berbasis multiple intelligences dalam pembelajaran IPA fisika di Sekolah Menengah Pertama (SMP), menguji tingkat kelayakan dan keterbacaannya, mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa SMP setelah menggunakan LKS. Dalam penelitian digunakan  metode Research & Development. Penelitian dilakukan dengan desain uji coba One Group Pre-test and Post-test dan dengan subyek penelitian siswa kelas VIIIG SMP Negeri 2 Ambarawa tahun ajaran 2015/2016. Hasil uji kelayakan  menunjukkan bahwa LKS berbasis multiple intelligences yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat layak” digunakan sebagai pedoman belajar siswa. Hasil uji keterbacaan menunjukkan LKS  yang dikembangkan  dalam kategori “mudah dipahami” oleh siswa. Hasil ujicoba menunjukkan  bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar dalam kategori “sedang”. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan LKS berbasis multiple intelligences dalam pembelajaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...