Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6 No 3 (2017): Desember 2017

Pengembangan Model Pembelajaran Kuantum Simulatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik SMP

Hadi, Sholihul (Unknown)
Rustono, Rustono (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2018

Abstract

Kemampuan berbicara peserta didik SMP masih rendah meskipun beberapa model pembelajaran telah diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Hal itu diharapkan dapat diatasi dengan penggunaan model pembelajaran yang lebih efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi kebutuhan model pembelajaran keterampilan berbicara menurut peserta didik dan guru, menyusun model pembelajaran, dan menguji keefektifan model pembelajaran tersebut dalam skala terbatas. Model pembelajaran yang diteliti adalah model pembelajaran kuantum simulatif yang berbantuan permainan monopoli. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan model dilakukan melalui tahap pendahuluan, pengembangan, uji coba, dan sosialisasi produk. Hasil  uji  keefektifan  yang  dilakukan  di  kelas  VIII SMP Kesatrian 2 Semarang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara  nilai rata-rata kelompok kontrol dan eksperimen pada pembelajaran keterampilan berbicara. Uji t hitung = 15,6710, sedangkan t tabel = 1,991. Artinya t hitung > t tabel. Oleh karena itu, dapat dikatakan produk tersebut efektif. The speaking ability of learners in SMP remains low despite some learning model has been applied in learning of  speaking. It is expected to be overcome by the use of more effective learning model. This research aims to describe the needs of model development needs,   to create a model of learning, and and test the effectiveness of the learning model on a limited scale. The learning model researched is simulative quantum learning model which aided monopoly game. The type of research is research and development (R & D). Development of the model is done through the preliminary stage, development, testing, and socializing product. Effectiveness test results done in class VIII SMP Kesatrian 2 Semarang showed that there was significant difference between the average value of the control group and experimental. Test t = 15.6710, while t table = 1.991. This means that t > t table. Therefore, it can be said that product effectively.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

seloka

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes articles of original researchs and conceptual studies about Indonesian language, literature, learning and teaching. This journal is published by Study Program Pendidikan Bahasa Indonesia, Postgraduate Universitas Negeri ...