CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal)
Vol 10, No 1 (2018): CSRID Februari 2018

Implementasi Metode Prototipe Pada Website Penelusuran Minat Peserta Didik Sebagai Layanan Bimbingan Konseling

Handayani, Febria Sri (Program Studi Sistem Informasi, STMIK PalComTech Palembang Jln. Basuki Rahmat No.05, Kec.Kemuning, Palembang, 30127)
Putri, Meidyan Permata (Program Studi Sistem Informasi, STMIK PalComTech Palembang Jln. Basuki Rahmat No.05, Kec.Kemuning, Palembang, 30127)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2018

Abstract

Kegiatan penelusuran minat peserta didik merupakan salah satu dari beberapa layanan bimbingan konseling di sekolah menengah pertama. Penelusuran minat peserta didik yang merupakan implementasi kurikulum 2013 (K13), bertujuan untuk membantu peserta didik memahami kekuatan minatnya, mempermudah dalam merealisasikan pilihan arah peminatan pada saat studi lanjut di jenjang pendidikan menengah. Mengingat adanya gambaran keraguan orang tua dan peserta didik dalam menentukan jurusan atau kelompok mata pelajaran pada sekolah lanjutan merupakan permasalahan yang sering muncul dimasyarakat. Dalam penelitian ini, dibuat instrumen bimbingan konseling untuk kegiatan penelusuran minat peserta didik. Instrumen ini akan mengungkapkan kadar kesukaan peserta didik sekolah menengah pertama (SMP) terhadap 14 objek peminatan. Dimana objek peminatan tersebut mengacu pada kegiatan kelompok mata pelajaran yang ada pada jenjang pendidikan menengah. Selain itu ada juga tes Intelligence Quotient (IQ), deskripsi dukungan dan harapan orang tua peserta didik, beserta instrumen Bimbingan Konseling lainnya yang mendukung rekomendasi penelusuran minat peserta didik. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode prototype. Impelementasi metode prototipe pada website ini menghasilkan lembar kesimpulan kegiatan bimbingan penelusuran minat peserta didik dan lembar rekomendasi studi lanjut bagi peserta didik sesuai porsi peminatannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CSRID

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (IndoCEISS) dan CORIS (Cooperation ...