Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia yang efektif dengan perangkat yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan 3-D Thiagarajan, dkk yang terdiri dari define, design, dan develop. Penelitian ini menggunakan tiga sampel kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas ujicoba soal TKKM, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PMRI, dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisa data untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan oleh 3 validator menggunakan instrumen lembar validasi perangkat pembelajaran. Kepraktisan perangkat dinilai menggunakan lembar angket respons mahasiswa, dan lembar pengamatan kemampuan dosen mengelola pembelajaran. Keefektifan dinilai berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang diuji menggunakan uji proporsi, uji gain, dan uji-t, sedangkan uji regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis memenuhi kriteria valid; (2) hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis memenuhi kriteria praktis; (3) pembelajaran matematika realistik Indonesia efektif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.
Copyrights © 2017