FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 2, No 2 (2016): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

PENGGUNAAN GRAPHIC ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Ramdani Miftah (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Asep Ricky Orlando (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan GraphicOrganizer terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs. Negeri 3 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2014/ 2015. Metode yang digunakan untuk penelitian ini ialah quasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian randomize sample posttest-only control groupdesign. Subyek pada penelitian ini berjumlah 73 siswa yang terdiri dari 37 siswa dalam kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol pada kelas VIII. GraphicOrganizer merupakan suatu bentuk visual dua dimensi yang menggambarkan hubungan antara fakta, ide, istilah, konsep, dan sebagainya. Kemampuan representasi matematis merupakan proses menyampaikan ide-ide, konsep pengetahuan tentang suatu hal melalui deskripsi dari sebuah objek melalui bentuk visual, simbol dan verbal sebagai alat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan Graphic Organizer lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...