Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbandingan motivasi belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Makassar, dan (2) mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPAsemester genap SMA Negeri 9 Makassartahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik clusterrandom sampling dengan memilih dua kelas dari enam kelas XI IPA yang ada. Kelas yang dimaksud yaitukelas XI IPA1 dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan jumlah siswa 40 orang dan kelas IPA2 dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 9 Makassar (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 9 Makassar.
Copyrights © 2014