cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Biotek
ISSN : 23549106     EISSN : 25811827     DOI : -
Jurnal Biotek is an academic journal published by Alauddin Press Makassar in collaboration with Department of Biology Education in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal accepts scholarly papers regarding of biology science, biology education, Islamic perspective of biology science, etc. Publication time is June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 168 Documents
PENGEMBANGAN TES SUMATIF MATA PELAJARAN BIOLOGI SEMESTER GANJIL KELAS IX Amri Amri; Syahriani Syahriani
Jurnal Biotek Vol 6 No 1 (2018): Juni
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.048 KB) | DOI: 10.24252/jb.v6i1.5072

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat tes sumatif yang valid dan reliabel dan perangkat tes sumatif dengan karakteristik internal yang meliputi tingkat kesukaran, daya beda, dan kualitas pengecoh (distracter) pada mata pelajaran biologi semester ganjil kelas IX. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model pengembangan yang digunakan model pengembangan 4-D yang tediri atas tahap define, design, develop dan dessiminate. Data penelitian diperoleh melalui 2 kriteria yaitu (1) data validitas dan reliabilitas yang diperoleh melalui penilaian ahli dan praktisi (2) data validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh atau distraktor yang diperoleh melalui hasil uji coba tes sumatif. Hasil yang diperoleh pada tahap uji coba menghasilkan instrumen penilaian kognitif dengan soal tes bentuk pilihan ganda sebanyak 53 soal dari 90 nomor soal yang dibuat pada draft awal dengan memiliki kualitas valid dan reliabel dengan tingkat kesukaran mudah, sedang dan sukar. Dari segi tingkat kesukaran, kategori mudah (38,67%), kategori sedang (58,67%) dan kategori sukar 2,67% serta memiliki daya pembeda dengan kategori lemah, cukup dan baik. Kategori lemah (36%), kategori cukup (56%), dan kategori baik 8%. Dari segi pengecoh, ada 89,33% soal yang pengecohnya efektif, sedangkan 10,67% soal yang pengecohnya tidak efektif.
PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION Amri Amri
Jurnal Biotek Vol 3 No 2 (2015): Jurnal Biotek
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.887 KB) | DOI: 10.24252/jb.v3i2.1029

Abstract

This research was conducted in SMA Negeri 1 Baraka which employed two kinds of group experiment, namely experiment group I was taught by using cooperative learning GI model and experiment group II was taught by using PBI model. Research instruments were in the form of questionnaire to measure students’ learning motivation, test of biology learning outcomes to measure students’ ability before of after the learning process. The result shows that: (1) there is significant difference of motivation and biology learning outcomes between students who are taught using cooperative learning of group investigation (GI) model and problem based instruction (PBI) model at X grade students of SMA Negeri Baraka, where students who were taught by using GI model are highly motivated and have higher learning outcomes than students who were taught by using PBI model. (2) there is correlation between motivation and biology learning outcomes of students who are taught using cooperative learning of GI model by significant of correlation 0,786 classified on fair interpretation and PBI model by significant of correlation 0,838 classified on hight interpretation. Therefore, it is indicating that correlation between motivation and biology learning outcomes of students who are taught using cooperative learning of PBI model is higher than GI model.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE GUIDED NOTE TAKING (CATATAN TERBIMBING) DENGAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MA DDI AT-TAUFIQ PADAELO KABUPATEN BARRU Fatimah Fatimah; St. Syamsudduha; Jamilah Jamilah
Jurnal Biotek Vol 4 No 1 (2016): Jurnal Biotek
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.204 KB) | DOI: 10.24252/jb.v4i1.1779

Abstract

This thesis discusses the influence of the type of learning model Active Learning Guided Note Taking with the use of Worksheet learners to the learning outcomes of students in tenth grade material biodiversity MA DDI AT-Taufiq Padaelo. This study aims to determine student learning outcomes are not using model Active Learning Type Guided Note Taking with the use of worksheets learners, to determine student learning outcomes by using model Active Learning Type Guided Note Taking (Note Guided) with the use of worksheets learners and to examine whether there is influence learning model Active Learning Guided Type Note Taking with the use of worksheets learners on the results of class X student MA DDI AT-Taufiq Padaelo.This research is a Quasi-Experimental Design, using a quantitative approach. The population in this study were all students of class X MA DDI AT-Taufiq Padaelo the academic year 2015/2016. The sampling technique used was saturated sampling technique with a total sample of 42 people. The instrument used was a test. Processing techniques and analyzed using descriptive statistics and inferential analysis.The research showed the average value of student learning outcomes using model Guided Note Taking (Note Guided) with the use of worksheets learners of = 61.67, while the average student learning outcomes that do not use Active learning models Guided Learning Type Note taking (Note Guided) with the use of worksheet learners of = 49.33. The results of inferential analysis of data using SPSS 20 indicates that the value obtained t 3.660> ttabel1,684 and significance (0.001 <0.05). It can be concluded that there is influence learning model Active Learning Guided type Note Taking (Note Guided) with the use of worksheets learners to the learning outcomes of students in tenth grade material biodiversity MA DDI AT-Taufiq Padaelo.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION Syahriani Syahriani
Jurnal Biotek Vol 5 No 1 (2017): Juni
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.694 KB) | DOI: 10.24252/jb.v5i1.3447

Abstract

The cooperative learning of Team Assisted Individualization (TAI) type is a form of learning of a combination between cooperative learning and individual learning. Students stay in groups but each of them study based on his or her speed and ability. This study aims at examining (1) the improvement of activity in learning Biology of grade XI IPA Students at Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao through the application of cooperative learning of TAI type, and (2) the improvement learning outcomes on Biology of grade XI IPA students at Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao through the application of cooperative learning of TAI type. This study is a classroom action research. The subject of the study was 20 grade XI IPA students at Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao. Data were collected by employing questionnaire of observation sheet on activity of students, and the test of learning outcomes. Data were analyzed quantitatively in percentage. The results reveal (1) the cooperative learning of TAI type can improve the activity of students of grade XI IPA at Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao with the mean score 44.90 in cycle I and improved to 75.00 in cycle II, and (2) the cooperative learning of TAI type can improve Biology learning outcomes of grade XI IPA students at Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao with the percentage of completeness 65 % in cycle I and improved to 90% in cycle II. The conclusion of this study is the cooperative learning if TAI type can improve motivation, activity, and learning outcomes of Biology of grade XI IPA students at Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao in Gowa.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE BERBASIS KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI IPA SMANEGERI 11 MAKASSAR Nurfajrianti Nurfajrianti; Safei Safei; Suarga Suarga
Jurnal Biotek Vol 5 No 2 (2017): Desember
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.56 KB) | DOI: 10.24252/jb.v5i2.4287

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Penelitian ini membahas tentang pengaruh strategi pembelajaran true or false berbasis kartu domino terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem reproduksi di kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar sebesar 256 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 72 siswa dimana pada kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa 36 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran True Or False berbasisi kartu domino dan kelas XI IPA1 dengan jumlah siswa 36 terpilih sebagai kelas kontrol diajar dengan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berbentuk pilhan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasilpenelitian yang diperoleh pada kelas yang menggunakan strategi pembelajaranTrue Or False berbasis kartu dominodengannilai rata-rata 82,64. Hasilbelajar siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaranTrue Or False berbasis kartu dominodiperoleh nilai rata-rata sebesar 74,22.
DETEKSI VIRUS JC PADA KOLON TUMOR DAN REKTUM TUMOR PENDERITA KANKER KOLOREKTAL Zulkarnaim Zulkarnaim
Jurnal Biotek Vol 1 No 1 (2014): Jurnal Biotek
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.717 KB) | DOI: 10.24252/jb.v1i1.1693

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) JCV sebagai agen penyebab infeksi pada kolon dan rektum penderita kanker kolorektal di Makassar; (2) DNA JC Virus pada jaringan kolon tumor dan bukan tumor penderita kanker kolorektal.Jenis penelitian eksploratif/deskriptif yang dilakukan secara cross sectional dengan menggunakan analisis molekuler PCR untuk mendeteksi DNA JCV. Populasi penelitian adalah pasien suspek kanker kolorektal di Makassar. Sampel penelitian ini adalah jaringan kolon tumor dan jaringan kolon normal penderita kanker kolorektal yang diambil secara Purposive sampling di bagian bedah digestive pada Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Yudohusodo Makassar.Hasil penelitian menunjukkan (1) ditemukan 12 positif pita DNA 520bp JCV pada kolon dan rektum tumor dan 10 positif kolon bukan tumor  penderita kanker kolorektal yang ada di Makassar; (2) ditemukan hubungan yang signifikan antara keberadaan JCV pada jaringan kolon dan rektum bukan tumor dengan kanker kolorektal yang dibuktikan dengan hasil uji Tes  Chi-Square yang menunjukkan hubungan atau pengaruh JCV pada kolon tumor tidak signifikan karena nilai  p = 0,117   tidak signifikan pada taraf kepercayaan α=0,05 (nilai p > 0,05), namun pada uji statistik tes Chi-Square pada kolon bukan tumor menunjukkan nilai p = 0,034   signifikan pada taraf kepercayaan α=0,05 (nilai p < 0,05).
UJI AKTIVITAS ANTIMUTAGENIK EKSTRAK ETANOL DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM L.) TERHADAP MENCIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIKRONUKLEUS ASSAY Rahmawati Rahmawati; Tabran Tabran
Jurnal Biotek Vol 3 No 1 (2015): PROSIDING SEMINAR NASIONAL 22 Desember 2015
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7248.304 KB) | DOI: 10.24252/jb.v3i1.1922

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi antimutagenik ekstrak etanol daun kemangi terhadap mencit (Mus musculus L.) dengan menggunakan metode uji mikronukleus. Serbuk daun kemangi dimaserasi dengan pelarut etanol. Ekstrak etanol daun kemangi selanjutnya dibuat dalam bentuk suspensi dengan dosis 50 mg/kgBB, 100mg/kgBB dan 200 mg/kgBB. Uji antimutagenik dilakukan dengan metode uji mikronukleus (MN) dengan melihat penurunan jumlah mikronukleus pada 200 sel eritrosit polikromatik (PCE) sumsum tulang paha mencit yang telah diinduksi larutan siklofosfamid 50 mg/kgBB.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol daun kemangi(Ocimum basilicum L.) dengan dosis 50 mg/kgBB, 100mg/kgBB, dan 200mg/kgBB yang diberikan selama 7 hari secara oral mampu menurunkan jumlahpersentase sel eritrosit polikromatik (PCE) yang bermikronukleus yang diamatimelalui preparat apusan sumsum tulang paha mencit. Ekstrak etanol daunkemangi (Ocimum basilicum L.) dengan dosis 200 mg/kgBB (7,33 ± 2,88)menurunkan jumlah sel mikronukleus lebih banyak dibandingkan dengan dosis50 mg/kgBB (43 ± 19,95) dan 100 mg/kgBB (26,33 ± 3,21).
PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA TEKNIK PEER ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MA MADANI ALAUDDIN Qalbia Basri; St. Syamsudduha; Ainul Uyuni Taufiq
Jurnal Biotek Vol 5 No 2 (2017): Desember
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (989.005 KB) | DOI: 10.24252/jb.v5i2.4277

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penilaian kinerja teknik peer assessment pada pembelajaran biologi kelas XI yang memenuhi kriteria valid, reliabel dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan di bidang pendidikan yang dikenal dengan Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi model 3-D, yakni define (pendefinisian), design (perancangan) dan develope (pengembangan). Subjek uji dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon guru dan angket respon siswa. Analisa penelitian dengan menggunakan analisa data deskriptif-kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk penilaian kinerja teknik peer assessment dengan 10 aspek/kinerja yang dinilai. Produk yang dihasilkan memenuhi kategori sangat valid dengan nilai 3,53, tingkat konsistensi atau reliabilitas sangat tinggi dengan nilai 0.87 dengan persentase kepraktisan 82.5% responden yang memberikan respon positif.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS, MIND MAPS, COOPERATIVE LEARNING (SM2CL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Muhammad Sultani Taufik; Muh. Khalifah Mustami; Eka Damayanti
Jurnal Biotek Vol 6 No 2 (2018): Desember
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.223 KB) | DOI: 10.24252/jb.v6i2.5378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh model pembelajaran synectics, mind maps, cooperative learning (SM2CL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian quasi experiment ini memiliki sampel sebanyak 24 kelas eksperimen dan 23 kelas kontrol yang diambil secara random sampling dari populasi seluruh siswa kelas XI IPA MIA1 MA Madani Alauddin Pao-Pao. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttes control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis statistik inferensial dengan uji Paired-Sampel T Tes menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pretest dan post-test diperoleh  = 47,448 dan  = 1,714. Dalam hal ini  > , maka  diterima dan  ditolak, artinya ada perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum dengan sesudah diterapkan model pembelajaran SM2CL. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menggambarkan bahwa nilai rata-rata post-tes kelas eksperimen (87,92) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata post-tes pada kelas kontrol (69,61). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SM2CL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX IPA MIA1 pada mata pelajaran Biologi di MA Madani Alauddin Pao-Pao Kabupaten Gowa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 9 MAKASSAR Yusniar Rasjid
Jurnal Biotek Vol 3 No 2 (2015): Jurnal Biotek
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.388 KB) | DOI: 10.24252/jb.v3i2.1104

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran SQ4R dengan metode Talking Stick terhadap keterampilan metakognisi siswa SMA 09 Makassar; (2) pengaruh model pembelajaran SQ4R dengan metode Talking Stick terhadap hasil belajar biologi SMA 09 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 9 Makassar tahun ajaran 2012-2013. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan rubrik MAD untuk mengukur keterampilan metakognisi siswa dan tes hasil belajar berbentuk uraian untuk mengukur hasil belajar biologi siswa. Data analisis secara deskiptif dan inferensial (statistik anakova dengan bantuan program SPSS 20,0 for Windows, dilakukan dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran SQ4R dengan metode Talking Stick terhadap keterampilan metakognisi siswa, (2) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran SQ4R dengan metode Talking Stick terhadap hasil belajar biologi siswa.

Page 1 of 17 | Total Record : 168