Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

ANALISIS POSITIONING PRODUK MIE INSTAN BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALI

I Gusti Agung Mas Krisna Komala Sari (Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui merek mie instan yang paling diketahui dan diingat responden sebagai seorang konsumen dan mengetahui posisi (positioning) produk mie instan merek Indomie, Supermi , Mie Sedaap, Sarimi, Mie ABC berdasarkan persepsi mahasiswa Politeknik Negeri Bali terhadap atribut-atribut mie instan yang ditawarkan. Atribut tersebut meliputi kualitas mie, kuantitas mie, rasa dan bumbu, harga, kemasan, promosi, dan kemudahan memperoleh. Berdasarkan hasil Top of Mind (TOM) diperoleh bahwa Indomie merupakan merek mie instan yang paling diketahui dan diingat responden sebagai seorang konsumen. Dengan menggunakan Multidimensional Scalling (MDS) diperoleh bahwa terdapat perbedaan posisi (positioning) masing-masing mie instan berdasarkan persepsi mahasiswa Politeknik Negeri Bali terhadap atribut-atribut mie instan yang ditawarkan. Dengan mengetahui posisi (positioning) masing-masing mie instan tersebut maka dapat diketahui kemiripan maupun ketakmiripan antar merek mie instan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and ...