cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 02169843     EISSN : 25805614     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and November.
Arjuna Subject : -
Articles 147 Documents
Pengaruh Faktor Komunikasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan dalam Mengimplementasikan Operasi Lalu Lintas Penerbangan di PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali I Ketut Muderana
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 14 No 1 (2018): JBK - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.247 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v14i1.767

Abstract

Keberhasilan perusahaan penerbangan dalam memberikan pelayanan lalu lintas penerbangan akan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya yaitu karyawan yang profesional, trampil, disiplin dan mau bekerja keras, sehingga besar kemungkinan perusahaan dapat mencapai tujuan sesuai tujuan yang telah ditetapkan yaitu keuntungan pada tingkat yang maksimal dan disertai dengan perkembangan perusahaan secara berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor komunikasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dalam operasi lalu lintas penerbangan di PT Angkasa Pura I (persero) Ngurah Rai Tuban Bali. Survey dengan kuesioner secara sensus digunakan dalam pengumpulan data. Jumlah responden sebanyak 75 orang karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali pada Divisi Operasional Lalu Lintas Penerbangan. Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 15.0. Uji validitas dan reliabilitas, analisis deskrptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dilakukan. Hasil uji menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat dan signifikan dari faktor komunikasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dalam implementasi operasi lalu lintas penerbangan di PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali baik secara simultan maupun secara parsial. Kata kunci: Sumber daya manusia, komunikasi, kepemimpinan, kinerja karyawan.
ANALISIS KEMITRAAN BISNIS USAHA PERJALANAN WISATA DI PROVINSI BALI I Putu Astawa; Made Abdi Sucipta
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 11 No 2 Juli (2015): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.209 KB)

Abstract

Kemitraan merupakan salah satu strategi yang dibangun untuk memperkuat posisi perusahaan. Ketatnya persaingan mendorong untuk berinovasi dalam sebuah kemitraan. Kondisi ini dirasakan oleh perusahaan lokal yang bergerak dalan usaha perjalanan wisata di Bali. Sebanyak 372 perusahaan yang menjadi anggota Asita sebagai populasi dalam kajian ini, dan 40 perusahaan sebagai target sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan daftar pertanyaan dan dianalisis secara statistik diskriptif. Hasilnya adalah proses awal terbentuknya mitra terjadi karena travel agent secara aktif melakukan pendekatan hal ini dapat dilihat dari 40 travel agent 21 perusahaan secara aktif dan 18 perusahaan melakukan pada saat ada event. Harapan mitra lokal adalah perluasan akses pasar menjadi peringkat utama kemudian diikuti oleh segmen pasar dan efisiensi. Harapan yang diinginkan oleh mitra luar negeri adalah menuntut profesionalisasi sebagai peringkat utama, kemudian dilanjutkan dengan pemahaman bahasa dan pemahaman budaya asing
ANALISIS KEMUDAHAN PELAYANAN PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP RAPAK BALIKPAPAN Ramli Ramli
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 11 No 1 Maret (2015): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.229 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kualitas pelayanan dari sudut pemberian kemudahan oleh bank Syariah Mandiri KCP Rapak Balikpapan yang bersifat inovatif dan berorientasi pada kepuasan nasabah. Namun masih muncul pertanyaan, apakah hal tersebut telah benar-benar dapat memberikan kepuasan bagi nasabah bank Syariah Mandiri KCP Rapak Balikpapan bila dilihat dari lima dimensi pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Bank Syariah Mandiri KCP Rapak Balikpapan perlu mengidentifikasi apakah pelayanan yang selama ini diberikan telah sesuai dengan harapan nasabah. Hal ini sebagai bukti perhatian bank Syariah Mandiri KCP Rapak Balikpapan terhadap kepuasan nasabahnya. Dengan penelitian ini, diharapkan bank Syariah Mandiri KCP Rapak Balikpapan lebih meningkatkan lagi pelayanan dalam hal kemudahan yang dapat dinikmati oleh nasabahnya. Selain itu juga, terhadap pelayanan-pelayanan yang belum dominan mempengaruhi kepuasan nasabah dan mempertahankan pelayanan yang dominan mempengaruhi kepuasan nasabah. Tentunya dengan tetap berlandaskan pada prinsip-prinsip Syariah (Islam), sehingga bank Syariah Mandiri KCP Rapak Balikpapan dapat meningkatkan market share dan tetap eksis dikancah persaingan.
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK KOPI BIJI SALAK Ni Wayan Dewinta Ayuni; I Made Anom Adiaksa; I Gusti Agung Mas Krisna Komala Sari
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2017): JBK- Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.189 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v13i2.702

Abstract

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat digemari masyarakat. Salah satu inovasi dalam minuman kopi adalah bahan baku biji kopi yang digunakan. Dewasa ini berkembang suatu bahan baku pengganti biji kopi dengan biji salak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan pelanggan (customer satisfaction index) dari produk kopi biji salak. Beberapa atribut yang diuji dalam penelitian ini adalah aroma, acidity, body, flavor, aftertaste, sweetness, conformance, aesthetic, dan inovasi yang dianalisis dengan metode customer satisfaction index (CSI) dengan memperhitungkan perbandingan tingkat performance dan importance dari masing-masing atribut. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa atribut yang memiliki tingkat performance lebih besar dibandingkan tingkat importance nya, yaitu . Indeks kepuasan konsumen terhadap produk kopi biji salak sebesar 75.35% atau pada level puas.
Pengaruh Kunjungan Wisatawan, Pajak Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah Pemerintah Kabupaten Gianyar-Bali Anak Agung Gde Mantra Suarjana; Nyoman Indah Kusuma Dewi; Luh Mei Wahyuni
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 15 No 1 (2019): JBK - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.367 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v15i1.1314

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis pengaruh Kunjungan Wisatawan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gianyar-Bali. (2) Menganalisis pengaruh Pajak Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gianyar-Bali. (3) Menganalisis pengaruh Kunjungan Wisatawan, Pajak Hotel dan Restoran secara simultan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gianyar-Bali. (4) Menganalisis tingkat efektivitas penerimaan Pajak Hotel dan Restoran Pemerintah Kabupaten Gianyar-Bali. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive sampling sesuai dengan tujuan peneliti dengan beberapa pertimbangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil analisis data dengan signifikasi 0,05 menunjukkan bahwa Kunjungan Wisatawan tidak berpengaruh terhadap PAD Kabupaten Gianyar-Bali 2007-2017. Pajak Hotel dan Restoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD Kabupaten Gianyar-Bali 2007-2017. Kunjungan Wisatawan, Pajak Hotel dan Restoran secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD Kabupaten Gianyar-Bali 2007-2017. Efektivitas pemungutan Pajak Hotel dan Restoran selama kurun waktu 2007-2017 pada Pemerintah Kabupaten Gianyar-Bali termasuk kategori sangat efektif, namun belum mencapai hasil yang optimal sebab masih ada potensi untuk meningkatkan penerimaan Pajak Hotel dan Restoran di masa depan jika diterapkan online secara menyeluruh.
PERSEPSI PEGAWAI TERHADAP PERENCANAAN KARIER, BUDAYA ORGANISASI, DAN PENGEMBANGAN KARIER DI POLITEKNIK NEGERI BALI Wayan Suryathi; Ni Ketut Masih; I Wayan Sukarta
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2017): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.202 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v13i1.693

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan persepsi pegawai terhadap perencanaan karier, budaya organisasi, dan pengembangan karier di Politeknik Negeri Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Sampel penelitian ini adalah 60 orang responden terdiri 24 orang pria dan 36 orang wanita, dengan masa kerja terbanyak antara 20 sampai 30 tahun dan 77% golongan III. Teknik analisis data digunakan One Way Anova. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) Persepsi pegawai terhadap perencanan karier, budaya organisasi, dan pengembangan karier di Politeknik Negeri Bali secara keseluruhan berada pada kriteria baik, yaitu persepsi untuk perencanaan karier 64% menyatakan baik, untuk budaya organisasi 69 % menyatakan baik, dan untuk pengembangan karir 89 % menyatakan sangat baik; 2) Hasil pengujian hipotesis menyatakan ada perbedaan persepsi pegawai terhadap perencanaan karier, budaya organisasi, dan pengembangan karier.
HUBUNGAN GOLONGAN DENGAN KINERJA DOSEN POLITEKNIK NEGERI BALI A Agung Putu Swabawa; I Dewa Gede Ari Pemayun; Ni Ketut Nurhayati
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.384 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap para dosen yang ada di Politeknik Negeri Bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara golongan dengan kinerja para dosen Politeknik Negeri Bali Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode interview, dokumentasi, dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis Chi-Square yang merupakan teknik kuantitatif, dan menggunakan teknik analisis kualitatif Dari hasil analisis menunjukkan bahwa dari capaian jumlah SKS, di mana dari enam Jurusan yang ada, hanya jurusan Teknik sipil yang menunjukkan ada hubungan golongan dengan kinerja dosen dengan pengaruh yang kuat. Sedangkan dari capaian nilai SKP, dimana hanya jurusan Pariwisata yang menunjukkan ada hubungan golongan dengan kinerja dosen dengan pengaruh yang cukup kuat. Dari dua bidang, di mana bidang teknologi yang menunjukkan ada hubungan golongan dengan kinerja dosen dengan pengaruh yang cukup kuat, sedangkan secara keseluruhan dosen Politeknik Negeri Bali menunjukkan bahwa ada hubungan antara golongan dengan kinerja dosen, walaupun dengan pengaruh yang kurang kuat.
Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) pada Tiga Perkampungan Nelayan Air Kuning, Pengambengan dan Candi Kusuma Kabupaten Jembrana Propinsi Bali (Suatu Studi Komparatif) I Gede Made Subagiana; I Gusti Lanang Suta Artatanaya; Ni Luh Made Wijayati
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 14 No 2 (2018): JBK - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.732 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v14i2.1042

Abstract

Dalam rangka mengentaskan kemiskinan masyarakat pesisir, sejak tahun 2001 Menteri Kelautan dan Perikanan menggulirkan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP). Ironisnya program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) yang diterapkan selama ini tidak berdasarkan atas kebutuhan, potensi, harapan, budaya serta kearifan lokal masyarakat (Bottom Up), tetapi secara Top Down. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu model yang benar-benar berdasarkan kebutuhan dan harapan Masyarakat Pesisir. Model yang benar-benar dapat mengakomodasi kebutuhan dan harapan dari kelompok yang ada di masyarakat pesisir, dengan memperhatikan budaya dan kearifan lokal, terutama orangorang di tiga desa nelayan: Air Kuning, Pengambengan dan Candi Kusuma Kabupaten Jembrana, Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Pengembangan, yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan dan pengujian produk serta penerapan produk. Kegiatannya berfokus pada identifikasi dan analisis kebutuhan dengan mengeksplorasi PEMP pernah diterapkan saat ini, mengeksplorasi persepsi dan harapan masyarakat, sebagai dasar untuk pemodelan dan diuji lebih lanjut. Berdasarkan analisis dan penelitian secara mendalam dengan mengeksplorasi PEMP yang telah berjalan, para peneliti dapat membuat model yang akan lebih cocok dengan PEMP dan lebih dekat dengan keinginan dan harapan masyarakat pesisir. Adapun rancangan / desain model PEMP baru ini melibatkan 5 (lima) aspek sebagai berikut: Aspek Ekonomi (tentang pekerjaan dan peningkatan pendapatan); Aspek Sosial (menyangkut pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan kesehatan); Aspek Lingkungan dan Perumahan (Pelestarian sumber daya pesisir, dan bedah rumah); Aspek Infrastruktur (termasuk meningkatkan pelabuhan, docking kapal nelayan, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), memperbanyak Unit Pembenihan Rakyat, pembenihan air payau, memperbanyak pabrik pengolahan ikan / pengalengan ikan dan lain-lain); Aspek Budaya (menumbuh kembangkan sifat gotong royong, Iman dan Takwa mengembangkan seni Makepung saat musim barat, mempertahankan norma-norma yang ada sebagai Awig awig.
PENGARUH KEBIJAKAN UTANG PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia) I Wayan Purwanta Suta; I Nyoman Sugiarta; Putu Ayu Anggya Agustina
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.419 KB)

Abstract

Nilai perusahaan yang tinggi dapat mencerminkan kemakmuran bagi pemegang saham.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan utang pada nilai perusahaan dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakanIndonesian Capital Market Directory (ICMD). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 125 perusahaan, dengan metode nonprobability sampling, khususnya teknik purposive sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah ModeratedRegression Anaylisis (MRA).Berdasarkan hasil analisis penelitian ditemukan bahwa kebijakan utang tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Hal ini berarti kebijakan utang yang ditetapkan oleh perusahaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada nilai perusahaan tersebut. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepemilikan institusional memiliki pengaruh signifikan yang kuat dalam mempengaruhi hubungan antara kebijakan utang dan nilai perusahaan. Artinya, semakin tinggi nilai Debt to Equity Ratio (DER) yang diikuti dengan kenaikkan persentase kepemilikan institusional, maka akan meningkatkan nilai perusahaan
PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA KANTOR PUSAT PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI I Wayan Purwanta Suta; G.A Ayu Sri Asti Dwiastuti
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 1 Maret (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.261 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dari PT Bank Pembangunan Daerah Bali dengan menggunakan Balanced Scorecard. Konsep Balanced Scorecard merupakan salah satu metode pengukuran kinerja perusahaan secara keseluruhan yang menjabarkan visi dan strategi perusahaan ke dalam empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif keuangan yaitu rasio permodalan, rasio kualitas aset produktif, rasio likuiditas, dan rasio rentabilitas. Indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif pelanggan adalah indeks kepuasan pelanggan, tingkat retensi pelanggan, dan tingkat akuisisi pelanggan. Inovasi dan proses operasi adalah merupakan indikator untuk mengukur perspektif proses bisnis internal. Sedangkan indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu indeks kepuasan karyawan, produktifitas karyawan, tingkat retensi karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perspektif keuangan, kinerja perspektif pelanggan, dan kinerja perspektif proses bisnis internal adalah sangat baik. Dan kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran adalah baik. Jadi secara keseluruhan kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Bali adalah sangat baik.

Page 1 of 15 | Total Record : 147