Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Analisis Korespondensi Sarana Belajar dan Tenaga Pengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA dan SMK di Kota Palopo

Nurwahida Nurwahida (IAIN Palopo)
Alia Lestari (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2018

Abstract

Analisis korespondensi merupakan salah satu teknik multivariat yang merupakan gabungan dari teknik reduksi data dan pemetaan persepsi. Salah satu tujuan analisis ini adalah untuk melihat keterkaitan atau kedekatan suatu kategori pada satu variabel terhadap kategori variabel lainnya. Pada makalah ini akan dibahas penerapan analisis korespondensi dalam melihat pola hubungan antara faktor-faktor eksternal dengan hasil belajar siswa SMA dan SMK di Kota Palopo. Data diperoleh dari dokumentasi Dinas Pendidikan Kota Palopo. Hasil analisis menunjukkan faktor eksternal yang memiliki hubungan yang berarti dengan prestasi belajar adalah tenaga pengajar. Hal ini didukung oleh pola hubungan yang dihasilkan dari plot analisis korespondensi yang menjelaskan bahwa prestasi belajar yang tinggi lebih banyak diperoleh dari sekolah dengan Tenaga Pengajar Baik (TPB) sementara sekolah yang memiliki tenaga pengajar kurang baik (TPKB) dan tenaga pengajar cukup baik (TPCB) cenderung mendapat prestasi sedang dan kurang.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

al-khwarizmi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, p-ISSN:2337-7666 and e-ISSN: 2541-6499, is a peer-reviewed open access journal and aims to provide an international forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to mathematics ...