Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 2 No 1 (2013): Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling

PENGARUH METODE ROLE PLAY DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN ASERTIF (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X-1 Sma Yadika 4 Pondok Gede)

Susilowati Susilowati (Unknown)
Dewi Justitia (Unknown)
Djunaedi Djunaedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2017

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode role play dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman asertif pada siswa kelas X-1 SMA Yadika 4 Pondok Gede. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental, dengan menggunakan model one group pre-test pre-test design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan satu kelompok penelitian melalui pre-test pre-test. Subyek Penelitian ini terdiri atas 41 orang siswa kelas X-1 SMA Yadika 4 Pondok Gede. Hasil uji normalitas diperoleh data pre-test x2hitung = 1,13 lebih kecil dari x2tabel = 11,1 pada taraf signifikan α = 5% dan data pre-test x2hitung= 1,35 lebih kecil dari = x2tabel = 11,1 pada taraf signifikan α = 5%, berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh hasil Fhitung = 1,17< Ftabel = 1,69, berarti sampel diperoleh berasal dari populasi berdistribusi homogen. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan t-test diperoleh thitung sebesar 22,8 karena thitung= 22,8 > ttabel(0,05; 80)= 1,66, jadi Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode role play dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman asertif pada siswa kelas X-1 SMA Yadika 4 Pondok Gede.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

insight

Publisher

Subject

Education Other

Description

Insight: Jurnal dan Bimbingan Konseling is a peer-reviewed, open access, and online journal about research, reports, book reviews, and commentaries on all aspects of guidance and counseling which is published by Department of Guidance and Counseling, Universitas Negeri Jakarta. Insight: Jurnal ...