Jurnal Ilmiah Inovasi
Vol 14 No 3 (2014): Desember

ERROR ANALYSIS TERHADAP KARANGAN NARASI MAHASISWA SEMESTER 3 JURUSAN BAHASA,KOMUNIKASI DAN PARIWISATA POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Cholimatus Zuhro (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan- kesalahan umum pada karangan narasi yang dibuat  mahasiswa bahasa Inggris semester 3 pada Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata Politeknik Negeri Jember. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk kemudian diambil kesimpulannya. Penelitian ini penelitian populasi dikarenakan obyek penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Jurusan bahasa, Komunikasi dan Pariwisata Politeknik Negeri Jember Angkatan Tahun 2011-2012 yang berjumlah 32 orang. Sedangkan instrumen untuk pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah take home assignment yang berupa karangan narasi mahasiswa dengan topic vocation yang terjadi di masa lalu sehingga menerpkan kaidah masa lampau (past tense). Prosedur aanalisis kesalahan dengan menggunakan tahapan-tahapan. 1. Collecting errors data, 2. Identifying error data, 3. Classifying errors data, dan 4, evaluating errors data atu analisis error data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quantitative statistical. Analisa ini menghitung prosentase kesalahan –kesalahan yang dibuat mahasiswa dalam karanagan narasinya.Dari hasil penelitian ditemukan kesalahan-kesalan yang dibuat mahasiswa dalam karangan narasinya sebanyak 137, yang meliputi ommision 23%, Double Marking 17%, regulation/overgeneralization 4%, misformation 27%, archiform 9%, misordering 6%, kategori penggunaan kata sandang 8% dan interlingual errors 6%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kesalahan-kesalahan yang paling banyak dibuat mahasiswa adalah kesalahan intralingual, yaitu kesalahan yang berkaitan dengan kompeten mahasiswa yang dikarenakan ketidakmampuannya dikarenakan oleh kerumitan bahasa target tersebut. Dari hasil dan pembahasan penelitian ini, peneliti dapat memberi saran pada pengajar bahasa Inggris untuk mengajarkan bahasa Inggris tidak hanya dengan penjelasan-penjelasan saja, tetapi harus digabungkan dengan metode comunicative and experiences pada siatuasi pembelajar bahasa target.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

The Journal contains the original article of the research related to the problem areas of Agricultural Production, Animal Production, Agribusiness Management, and Agricultural Technology. ...