Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK)
Vol 4 No 1 (2014): Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 4 Nomor 1 (2014)

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KERJA SAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization)

Cyntia Melawati (Unknown)
Maria Paristiowati (Unknown)
Suhartono Suhartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi dan kerja sama siswa kelas X SMAN 30 Jakarta pada pembelajaran kimia melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan subjek penelitian 35 orang siswa kelas X-1 SMA Negeri 30 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari instrumen penilaian dideskripsikan sehingga kemampuan komunikasi dan kerja sama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat dianalisis. Kemampuan komunikasi dan kerja sama siswa diukur menggunakan instrumen self report, peer review, dan observasi. Masing-masing instrumen terdiri dari tujuh indikator yang masing-masing terdiri dari beberapa pernyataan yang merupakan penjabaran dari indikator komunikasi dan kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama siswa. Kata kunci: TAI (Team Assisted Individualization), Kemampuan Komunikasi dan Kerja Sama, Model Pembelajaran Kooperatif

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK) is the journal for teachers, researchers and other practitioners at all levels of chemistry education. It is published electronically two times a ...