Journal of Education Research in Administration and Management (JERAM)
Vol 1 No 2 (2017): Vol 1 No 2 Year 2017 JERAM

- DINAMIKA TRANSFORMASI BUDAYA BELAJAR SUKU BADUY, PROVINSI BANTEN

Sutoto, Sutoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna transformasi budaya belajar dalam adat larangan sekolah pada Suku Baduy di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Penelitian menggunakan metode etnografi, diawali dari tahapan observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Data-data tersebut dianalisis dengan teknik Spradley terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema budaya. Informan penelitian adalah ketua adat, kepala desa, pelaku pendidikan, orang tua murid, dan mahasiswa. Berdasarkan analisis data kualitatif disimpulkan bahwa diperlukan negosiasi untuk mengubah lingkungan organisasi dan mengembangkan sumber daya manusia, namun adat larangan sekolah tidak boleh diubah. Pemimpin transformasional menerapkan sistem pengendalian budaya belajar dengan penerimaan peserta didik dengan manajemen tertutup, pergi ke sekolah dengan penyamaran dan bersembunyi, dan kegiatan pendidikan dipusatkan di perbatasan tanah ulayat. Dengan demikian motivasi belajar dapat dioptimalkan dan inovasi budaya belajar dapat diterima pemuka adat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jeram

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

JERAM : Journal of Education Research in Administration and Management is an international Journal that focus on researches majoring Educational Management and Educational Administration around the world. This Journal initiated by Educaton Management Doctorate Program, State University of Jakarta. ...