Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran monopoli game berbasis modelProblem-Based Learning (PBL)dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan (2) menentukan keefektifanmedia pembelajaran permainan monopoli berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelaslima SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Borg dan Gall. Subjek uji lapangan operasional terdiri dari30 siswa kelas lima (V) SDN Tegalrejo dan SDN Jetisharjo; masing-masing untuk kelas eksperimen dan kontrol.Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) media pembelajaran permainan monopoli berbasis PBL sesuai dengankebutuhan siswa. Menurut pakar materi dan pakar media pendidikan, media pembelajaran permainan monopoli yangdikembangkan berdasarkan PBL terkategoro “baikâ€. (2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswapada kelas eksperimen. Seluruh tes dan hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli berbasis PBLberpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan signifikansi p <0,05
Copyrights © 2018