Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio

Permainan Monopoli Berbasis Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.

Novianti Davidi, Elisabeth Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran monopoli game berbasis modelProblem-Based Learning (PBL)dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan (2) menentukan keefektifanmedia pembelajaran permainan monopoli berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelaslima SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Borg dan Gall. Subjek uji lapangan operasional terdiri dari30 siswa kelas lima (V) SDN Tegalrejo dan SDN Jetisharjo; masing-masing untuk kelas eksperimen dan kontrol.Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) media pembelajaran permainan monopoli berbasis PBL sesuai dengankebutuhan siswa. Menurut pakar materi dan pakar media pendidikan, media pembelajaran permainan monopoli yangdikembangkan berdasarkan PBL terkategoro “baik”. (2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswapada kelas eksperimen. Seluruh tes dan hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli berbasis PBLberpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan signifikansi p <0,05

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio (JPKM) is published regularly twice a year in January and June by the Institute for Research and Community Service (LPPM), Santu Paulus College of Teacher Training and Education. This journal contains scientific articles from research in the fields of ...