Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DAN SQ4R SISWA MADRASAH ALIYAH

Jatmiko, Dhanar Dwi Hary (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran probing prompting dan SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) ditinjau dari prestasi belajar materi geometri, kemampuan berpikir kreatif, dan self concept siswa dan model pembelajaran yang lebih berpengaruh diantara keduanya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah siswa kelas X MAN 2 Jember dengan kelas XB dan XE sebagai sampelnya. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting dan SQ4R pada setiap variabel, data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test (α = 5%). Selanjutnya untuk membandingkan pengaruh kedua model, data dianalisis multivariat dengan statistik uji T2 Hotelling (=5%) dan dianalisis lanjut dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran probing prompting dan SQ4R berpengaruh positif ditinjau dari prestasi belajar materi geometri, kemampuan berpikir kreatif dan self-concept siswa, dan model pembelajaran probing prompting lebih berpengaruh positif ditinjau dari prestasi belajar materi geometri dan kemampuan berpikir kreatif sedangkan model pembelajaran SQ4R lebih berpengaruh positif ditinjau dari self-concept siswa.Kata Kunci: Model pembelajaran probing prompting, model pembelajaran SQ4R, prestasi belajar materi geometri, kemampuan berpikir kreatif, dan self-concept siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...