Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 3 No. 1 (2018): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

ANALISIS TIPE KEPRIBADIAN SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING: tipe kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist): pemecahan masalah matematika: problem based learning

Nismaya Nismaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja siswa berdasarkan tipe kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist) dalam proses pembelajaran problem based learning dan problem based learning dengan asesmen kinerja. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari tipe kepribadian siswa (guardian, artisian, rational, dan idealist). Terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan asesmen kinerja dengan model ekspositori ditinjau dari tipe kepribadian siswa (guardian, artisian, rational, dan idealist). Kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan asesmen kinerja lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning ditinjau dari tipe kepribadian siswa kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist). Kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari tipe kepribadian siswa kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist). Kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan asesmen kinerja lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari tipe kepribadian siswa kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist). kinerja siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealis) sebagai berikut : Untuk indikator keaktifan siswa dengan tipe kepribadian artisian, rational, idealis aktif saat proses pembelajaran dalam memecahkan masalah matematika. Untuk indikator bekerjasama siswa dengan tipe kepribadian artisian, guardian, rational bekerjasama saat proses pembelajaran dalam memecahkan masalah matematika. Untuk indikator toleran siswa dengan tipe kepribadian artisian, guardian toleran saat proses pembelajaran dalam memecahkan masalah matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...