Jurnal Informatika Global
Vol 4, No 1

RANCANG BANGUNSISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA PT. ABC MENGGUNAKAN SMS GATEWAY

Desy Iba Ricoida (STMIK GI MDP Palembang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang dapat digunakan untuk menambah tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh PT. ABC kepada pelanggan melalui media SMS Gateway. Tujuan penelitian ini adalah membantu PT.ABC untuk membantu dalam mempertahankan dan melayani pelanggan   sehingga mereka lebih loyal serta dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Metode RUP (Rational Unified Process) digunakan dalam pengembangan sistem ini  yang terdiri  dari fase Inception,  fase  Elaboration, fase  Construction dan  fase Transition. Hasil pengembangan sistem ini  dapat  membantu  PT.  ABC  menerapkan CRM  didalam kegiatan  bisnisnya dengan memanfaatkan SMS Gateway.Kata Kunci : CRM (Customer Relationship Management), SMS Gateway, Metode RUP (Rational Unified Process)

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

IG

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of global informatics publish articles on architectures from various perspectives, covering both literary and fieldwork studies. The journal, serving as a forum for the study of informatics, system information, computer system, informatics management, supports focused studies of particular ...