2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN
Vol 7, No 3 (2017): Agustus 2017

ANALISA KEPUASAN PERAWAT POLIKLINIK TERHADAP PELAYANAN PETUGAS REKAM MEDIS DI RSU MUHAMMADIYAH PONOROGO

Sovia Handayani (Unknown)
Dwi Nurjayanti (Unknown)
Nanang Trihandoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2017

Abstract

Kepuasan akan terpenuhi, apabila pelayanan petugas rekam medis yang diberikan dalam suatu Rumah Sakit telah sesuai dengan harapan perawat poliklinik. Dampak yang dirasakan apabila suatu pelayanan petugas rekam medis dalam memberikan pelayanannya belum sesuai maka perawat akan tidak puas, sehingga pelayanan yang baik akan memberikan rasa puas terhadap perawat poliklinik yang dilayani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan perawat poliklinik terhadap pelayanan petugas rekam medis di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang ada di poliklinik, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh, yang dilaksanakan bulan November 2016- Maret 2017. Hasil dari penelitian adalah kepuasan perawat terhadap pelayanan petugas rekam medis ditinjau dari dimensi reliability (reliabilitas) cukup puas (47,5%), dimensi assurance (jaminan) cukup puas (57,2%), dimensi tangible (bukti fisik) cukup puas (58,3%), dimensi emphaty (empati) cukup puas (56,1%) dan dimensi responsiveness (daya tanggap) cukup puas (45,8%). Kepuasan terendah kategori dimensi responsiveness (daya tanggap). Kata Kunci : Kepuasan Perawat, Pelayanan petugas Rekam Medis

Copyrights © 2017