Harmony : Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN
Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017

PENINGKATAN KOMPETENSI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DEGAYU 02 KOTA PEKALONGAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

., Siswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2017

Abstract

The purpose of this research was to improve the learning process, increased competence, and change the behavior of students who use cooperative learning approach with engineering arisan reserved serial. The study used is the class action Research (PTK) or classroom action research with two cycles of learning. The results showed the existence of an active process of learning, fun and creative, increased competencies and behaviours of students. These can be seen from the increase in value of pre-season test cycle, a cycle I and cycle II. The results of the evaluation cycle I students who hadn't KKM i.e. 13 children or 36.11%. The results of the evaluation cycle II students who hadn't KKM i.e. 0 or 0%. The results of the evaluation cycle I students who have already finished the KKM i.e. 23 children or 63.88%. The results of the evaluation cycle II all students already thoroughly KKM i.e. 36 or 100% completely KKM. So the results of this research can enhance the competencies and behaviours of students. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses pembelajaran,  peningkatan kompetensi, dan perubahan perilaku  siswa yang menggunakan pendekatan  cooperative learning  dengan teknik arisan soal berantai. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research dengan 2 siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan,  peningkatan kompetensi dan perilaku siswa. Peningkatan tersebut dapat  dilihat dari nilai tes pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil evaluasi siklus I siswa yang belum tuntas KKM yaitu 13 anak atau 36,11%. Hasil evaluasi siklus II siswa yang belum tuntas KKM yaitu 0 anak atau 0%. Hasil evaluasi siklus I siswa yang sudah tuntas KKM yaitu 23 anak atau 63,88%. Hasil evaluasi siklus II semua siswa  sudah tuntas KKM yaitu 36 anak atau 100% tuntas KKM. Jadi hasil penelitian ini dapat meningkatkan kompetensi dan perilaku siswa yang lebih baik.

Copyrights © 2017