Jurnal Ilmiah Widya
Vol 3 No 2 (2015)

CRM STRATEGY, SOCIAL CRM, AND CUSTOMER LOYALTY: A PROPOSED CONCEPTUAL MODEL

Mailangkay, Adele B. L. (Unknown)
Juwono, Edhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2015

Abstract

Untuk mengatasi persaingan di sebagian besar lingkungan usaha yang semakin ketat, terutama dalam menghadapi berlakunya Komunitas Ekonomi ASEAN pada akhir 2015, perusahaan - perusahaan harus menjaga hubungan dengan pelanggan sehingga mereka tidak akan meninggalkan produk dan jasa perusahaan. Salah satu cara untuk menjaga loyalitas pelanggan adalah dengan menerapkan customer relationship management (CRM). Belakangan ini, CRM telah berkembang menjadi sistem atau perangkat lunak aplikasi, dan juga memanfaatkan media sosial yang disebut dengan CRM Sosial (social CRM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah model konseptual yang diterjemahkan ke dalam model penelitian yang dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan dengan melakukan eksplorasi pada penelitian sebelumnya tentang pengaruh strategi CRM terhadap loyalitas pelanggan dan penelusuran atas dampak dari CRM sosial terhadap loyalitas pelanggan. Dapat disimpulkan bahwa CRM sosial dan Strategi CRM merupakan pilihan solusi yang efektif untuk membangun loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2015