FKIP e-PROCEEDING
2018: Seminar Nasional Pendidikan 2018 "Pengembangan Keterampilan Abad 21 "4C" di Sekolah Dasar dala

PENINGKATAN KETERAMPILAN HOTS SISWA MI SALAFIYAH SYAFI’IYAH KELAS 3 MELALUI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Siti Aminatul Hasanah (universitas jember)
Ainun Salsabila (Unknown)
Devi Annisa Istikhanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa sekolah dasar kelas 3 melalui mind mapping. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Memasuki era revolusi industri 4.0, maka dibutuhkan sumber daya manusia dengan keterampilan HOTS yang tinggi. Higher Order Thingking Skills merupakan sebuah proses berpikir dimana peserta didik diharuskan untuk mengolah informasi dan ide-ide sesuai cara yang mereka hendaki. Melalui penerapan HOTS ini diharapakan kelak peserta didik dapat memiliki kemampuan 4C (Communication, Collaborative, Critical Thingking, and Creativity). Penerapan Higher Order Thingking Skills dapat dilakukan melalui Mind Mapping. Mind Mapping merupakan salah satu cara memetakan informasi serta ide-ide ke dalam otak dengan cara yang kreatif, efektif, dan menyenangkan. Desain, gambar, dan warna yang dapat diatur sesuai keinginan dapat mempermudah siswa untuk memanggil kembali informasi tersebut.

Copyrights © 2018