Jurnal InterAct
Vol 6, No 2 (2017): InterAct, Journal on Communication

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA

Nur Rizqi, M. Alfat ( Program Studi Ilmu Komunikasi UPN ?Veteran? Yogyakarta)
Lestari, Puji ( Program Studi Ilmu Komunikasi UPN ?Veteran? Yogyakarta)
Wiendijarti, Ida ( Program Studi Ilmu Komunikasi UPN ?Veteran? Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Kualitas pelayanan berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketetapan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan. PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen merupakan salah satu kantor cabang dari PT. PLN (Persero) Area Cilacap yang mempunyai harapan besar untuk selalu mendapatkan citra perusahaan yang positif di benak pelanggan. Strategi yang diterapkan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen untuk mendapat citra positif di mata publik adalah dengan menerapkan pelayanan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap citra perusahaan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori S-R (Stimulus-Response). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan tipe penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. PLN (Persero) di Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen. Teknik sampling menggunakan random sampling (acak) yang berjumlah 99 responden. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap citra perusahaan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen. Hasil analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,739 dan signifikansi 0,000. Berarti terdapat hubungan yang kuat antara variabel kualitas pelayanan terhadap citra perusahaan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen. Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana didapatkan nilai sebesar 54,7%, yang artinya bahwa citra perusahaan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen dapat dijelaskan melalui kualitas pelayanan yang diterapkan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen, dan sisanya 45,3% dijelaskan oleh faktor lain diluar dari yang diteliti. Faktor lain tersebut misalnya identitas fisik perusahaan, identitas non fisik perusahaan, manajemen perusahaan, aktifitas dan pola hubungan perusahaan. Dari keseluruhan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teori stimulus-response teruji dan relevan pada populasi di penelitian ini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fiabikom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The articles and themes presented in the journal have the goal to increase the understanding of the importance of communication and in developing new concepts to provide solutions in implementing communication science in ...