Etika Demokrasi
Vol 4, No 1 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)

Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)

Elly Zuriati (PPKn, Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan karakter melalui pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran pada siswa kelas VIII SMPN 13 Solok Selatan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMPN 13 SOLOK SELATAN dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran (Think Pair Share) TPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskripif dengan mean (rata-rata) dan persentase kemampuan siswa menyelesaikan tugas tepat waktu secara jujur, mandiri dan bertanggungjawab. Hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran TPS pada mata pelajaran Matematika kelas VIII SMPN 13 Solok Selatan cenderung meningkat, pencapaian nilai karakter jujur, mandiri dan bertanggung jawab selama dua siklus menunjukkan kualifikasi karakter Menjadi Kebiasaan (MK). Hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran matematika juga meningkat dari siklus I termasuk dalam kualifikasi baik menjadi amat baik pada siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jed

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JED (Jurnal Etika Demokrasi) bertujuan untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau ide, ulasan dan temuan penelitian yang diperoleh di bidang Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). JED (Jurnal Etika Demokrasi) berfokus pada Pendidikan & Pembelajaran; Pendidikan Pancasila; Isu-isu ...