JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan matematika stkip pgri sidoarjo

PROFIL BERPIKIR GEOMETRIS PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI TEORI VAN HIELE

Falupi, Detrik Venda (Unknown)
Widadah, Soffil (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Dalam memahami materi bangun datar khususnya segitiga dan segiempat, peserta didik perlu mengelola pikirannya dengan cara memehami level perkembangan berpikir geometris yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tercapainya level berpikir geometris peserta didik, yang diawalai dengan level 0 (visualisasi) yaitu mengenal nama dari bangun datar, level 1 (analisis) yaitu mampu menyebutkan sifat-sifat dari bangun datar, level 2 (abstraksi) yaitu mampu menyatakan hubungan suatu bangun dari komponennya, dan level 3 (deduksi) yaitu mampu membuat simpulan deduktif dari suatu pernyataan, hal ini sesuai dengan teori Van Hiele. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan level berpikir geometris Van Hiele. Dari hasil tes geomtri Van Hiele menunjukkan 12 peserta didik berada pada level 0 (visualisasi) atau 37,5%, 18 peserta didik pada level 1 (analisis) atau 56,25%, dan masing-masing satu peserta didik pada level 2 (abstraksi) dan level 3 (deduksi) atau 3,125%

Copyrights © 2016