JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 1 (2019): April 2019

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA-1 SMA NEGERI 2 RENGAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Janizar, Janizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang dirasakan oleh guru matematika di SMA Negeri 2 Rengat, yaitu: 1) Untuk melihat hasil belajar siswa Kelas Kelas XII IPA-1 SMA Negeri 2 Rengat pada semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk melihat sejauh mana peningkatan aktivitas siswa belajar siswa Kelas XII IPA-1 SMA Negeri 2 Rengat pada pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penggunaan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Kelas XII IPA-1 SMA Negeri 2 Rengat. Hasil belajar pada siklus I menunjukan peningkatan persentase hasil belajar peserta didik di atas KKM (di atas 70 ) adalah 20 0rang atau 67%. Kemudian pada siklus 2 ternyata sebanyak 28 orang atau 93 % dan yang belum tuntas hanya tinggal 2 orang atau 7% yang disebabkan kondisi siswa diwaktu ikut ulangan kurang sehat pada kondisi awal 52,36 dan pada siklus I menjadi 72,68 Sedangkan di siklus II menjadi 75,55. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan Pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata Matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...