Jurnal Jalan Jembatan
Vol 12 No 3 (1995)

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BETON SEMPROT (SHOTCRETE) STUDI KASUS: PENANGGULANGAN LONGSORAN TEBING GALIAN, RUAS JALAN BANDUNG - CIANJUR KM. 23 + 000 BD (CITATAH)

fernandez, wiston (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Pada umumnya lereng alam menunjukan kemiringan maksimum jangka panjang, tetapi pada kasus lainnya kemiringan lereng tersebut tidak mantap. Kondisi geometri lereng dan geologi, kondisi pelapukan dan aktifitas gempa merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kemantapan lereng. Oleh karena itu dibutuhkan analisis kemantapan lereng beredasarkan hasil penyelidikan geoteknik. Pemotongan tanah umumnya didesain dengan sistem terasiring, khususnya untuk pemotongan dengan tinggi melebihi 8 hingga 10 meter. Konstruksi beton semprot sebagai salah satu teknik pelapis permukaan digunakan untuk mengurangi kerentakan pelapukan pada batuan lunak dan untuk memperkuat retakan massa batuan pada lereng. Metode ini sangat efektif bila tanah dasar selalu dalam kondisi mantap.

Copyrights © 1995






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...