Jurnal Jalan Jembatan
Vol 13 No 2 (1996)

ANALISIS KEMANTAPAN LERENG DAN TIMBUNAN BADAN JALAN DENGAN PERANGKAT LUNAK (SLOPE AND EMBANKMENT STABILITY ANALYSIS BY COMPUTER PROGRAM)

Tanzil, Adyawati p (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Dalam menunjang pengembangan dan pebinaan jaringan jalan untuk perencanaan aliyemen, geometri dan kemantapan jalan, salah satu aspek yang penting adalah kemampuan analisis geoteknik mengenai kemantapan lereng jalan dan timbunan badan jalan. Agar diperoleh hasil perhitungan dan desain yang akurat dan cepat diperlukan program perhitungan secara komputerisasi yang sudah tersusun dalam perangkat lunak/software. Hasil perhitungan dari program perangkat lunak ini diperoleh nilai Faktor Keamanan dalam kondisi alam, kondisi buatan/perkuatan menggunakan geotextile. Makalah ini memperkenalkan salah satu program peritungan Analisis Kemantapan Lereng yaitu "STABGM", dibuat oleh prpf. Duncan - Virginia Tech., USA. Keuntungan menggunakan perangkat ini adalah dapat menganalisis alternatif perkuatan sehiingga pemakai mendapatkan kesempatan untuk memilih alternatif perkuatan yang paling sesuai. Beberapa kasus kemantapan lereng jalan dan timbunan bahan jalan dibahan dalam makalah ini.

Copyrights © 1996






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...