JURNAL PETIK
Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019

Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer

Dian Rahadian (Institut Pendidikan Indonesia)
Gina Rahayu (Institut Pendidikan Indonesia)
Risma Rahma Oktavia (Institut Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2019

Abstract

Abstract - This Ruangguru application study aims to determine the relevance of applicationfunctions based on the principles and paradigms of Human and Computer Interaction (HCI). In thisstudy, the aspects evaluated included aspects of human, technology, usability, and ergonomics. Theinterest in studying the Ruangguru application is based on several sources stating that Ruangguruis believed to be "Best Education Platform". So from that, it was examined several aspects todetermine the extent of the relationship between the Ruangguru application and the HCI principle.After the study was conducted, the Ruangguru application was assessed to have fulfilled theseaspects. So it's no wonder the Ruangguru application is used as an online learning center amongIndonesian students.Keywords- HCI, Ruangguru, Human, Technology, Usability, and Ergonomic.Abstrak — Kajian aplikasi Ruangguru ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan fungsi aplikasi berdasarkanprinsip dan paradigma Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Dalam kajian ini aspek yang dievaluasidiantaranya aspek human, technology, usability, dan ergonomic. Ketertarikan kajian aplikasi Ruangguru iniberdasarkan beberapa sumber yang menyatakan bahwa ruangguru dipercaya sebagai “Best EducationPlatform”. Maka dari itu dikaji beberapa aspek untuk mengetahui sejauh mana keterkaitan aplikasi Ruanggurudengan prinsip IMK. Setelah dilakukan kajian, aplikasi Ruangguru dinilai telah memenuhi aspek-aspektersebut. Jadi tidak heran aplikasi Ruangguru digunakan sebagai pusat belajar online di kalangan pelajarIndonesia.Kata Kunci— IMK, Ruangguru, Manusia, Teknologi, Kegunaan, dan Ergonomi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...