Majalah Ilmiah Biologi BIOSFERA: A Scientific Journal
Vol 36, No 2 (2019)

Pengaruh Pakan Suplementasi Spirulina platensis dan Chlorella vulgaris terhadap Pertumbuhan dan Komposisi Tubuh Ikan Gurami (Osphronemus gouramy)

Sorta Basar Ida Simanjuntak (Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman)
Indarmawan Indarmawan (Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman)
Eko Setio Wibowo (Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Gurami adalah ikan air tawar yang mudah terinfeksi penyakit terutama pada cuaca dingin dan curah hujan tinggi, sehingga perlu dicari solusi untuk penanggulangannya.  Ikan gurami merupakan ikan yang ukuran tubuhnya dapat mencapai 5 kg. Penelitian tentang suplementasi  S. platensis dan C. vulgaris dengan dosis 6 g/kg pakan telah dilakukan pada ikan gurami (Osphronemus gouramy Lac.). Penelitian bertujuan mengetahui pertumbuhan dan komposisi tubuh ikan gurami yang diberi pakan suplementasi S. platensis, C. vulgaris dan campuran S. platensis + C. vulgaris serta mendapatkan komposisi pakan terbaik meningkatkan pertumbuhan dan komposisi tubuh ikan gurami.   Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan enam perlakuan dan tiap perlakuan diulang tiga kali. Perlakuan yang dicobakan dalam penelitian ini adalah: K = ikan gurami diberi pakan Tubifex sp., Daphnia sp. dan pelet komersial; P1 = ikan gurami diberi pakan suplementasi S. platensis dan Tubifex sp.; P2 = ikan gurami diberi pakan suplementasi S. platensis dan Daphnia sp.; P3 = ikan gurami diberi pakan suplementasi C. vulgaris dan Tubifex sp.; P4 = ikan gurami diberi pakan suplementasi C. vulgaris dan Daphnia sp., P5 = ikan gurami diberi pakan suplementasi campuran S. platensis + C. vulgaris, Tubifex sp. dan Daphnia sp. Penelitian dilakukan selama 112 hari dan ikan diberi pakan dua kali sehari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan komposisi pakan dapat meningkatkan pertumbuhan dan  komposisi tubuh ikan gurami serta perlakuan P1 yaitu pakan suplementasi S. platensis dan Tubifex sp. terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan komposisi tubuh ikan gurami. Penelitian ini menemukan bahwa untuk budidaya gurami sebaiknya ikan gurami diberi pakan suplementasi S. platensis atau C. vulgaris.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biosfera

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science

Description

Majalah Ilmiah Biologi Biosfera : A Scientific Journal merupakan peer reviewed jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman. Media ini mewadahi hasil-hasil penelitian di bidang biologi tropika yang terbit tiga kali setahun (Januari, Mei, ...