Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara metode pemberian tugas dengan metode ceramah pada Mata Pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Kelas X SMK 17 Agustus 1945 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian t-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 dan 2 yang berjumlah 75 siswa. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara metode pemberian tugas dengan metode ceramah Mata Pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Kelas X SMK 17 Agustus 1945 Semarang. Peningkatan yang diperoleh dengan metode pemberian tugas sebesar 16,31% sedangkan dengan metode ceramah meningkat sebesar 9,33%. Dari hasil tersebut berarti dengan menggunakan metode pemberian tugas siswa akan dapat lebih memahami materi yang diberikan oleh guru serta diperoleh hasil yang lebih baik.
Copyrights © 2013