Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 13, No 2 (2013)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR

Asmara, Roie Ulfha (Unknown)
Murdani, Murdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara metode pemberian tugas dengan metode ceramah pada Mata Pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Kelas X SMK 17 Agustus 1945 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian t-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 dan 2 yang berjumlah 75 siswa. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara metode pemberian tugas dengan metode ceramah Mata Pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Kelas X SMK 17 Agustus 1945 Semarang. Peningkatan yang diperoleh dengan metode pemberian tugas sebesar 16,31% sedangkan dengan metode ceramah meningkat sebesar 9,33%. Dari hasil tersebut berarti dengan menggunakan metode pemberian tugas siswa akan dapat lebih memahami materi yang diberikan oleh guru serta diperoleh hasil yang lebih baik.

Copyrights © 2013