SPIRIT
Vol 7, No 2 (2015): Jurnal SPIRIT

PENGGALIAN KAIDAH MULTILEVEL ASSOCIATION RULE DARI DATA MART SWALAYAN ASGAP

Teguh Pradana (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2015

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, termasuk penggunaannya di sektor pemasaran. Namun pada umumnya digunakan sebatas penyimpanan data yang hanya digunakan untuk pencatatan transaksi dan mengolah data transaksi tersebut untuk pembuatan laporan pembelian atau penjualan perusahaan. Bagi penjualan yang hanya menjual beberapa jenis produk atau toko-toko kecil, laporan seperti itu mungkin cukup bagi pemilik untuk melakukan analisis pada pasar dan mengambil keputusan.Hal ini dapat berpengaruh dalam penjualan suatu jenis produk tertentu, tetapi karena banyaknya data yang harus diolah, informasi tersebut menjadi bias atau bahkan tidak akan ditemukan jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu, perusahaan seperti ini perlu menggunakan konsep data mining dengan market basket analysis untuk mengetahui buying habits dari konsumen sehingga dapat membantu pengambilan keputusan. Dengan menggunakan data mart yang ada dapat dijadikan sebagai pendukung untuk diolah dengan menggunakan teknik-teknik yang ada pada data mining.Multi level association rule bisa memberikan aturan asosiasi pada tingkatan yang berbeda, yang menggunakan data mart yang memiliki data multi dimensi, sehingga dapat memberikan informasi pada tingakatan yang berbeda.Keywords: Multilevel Association RuleĀ 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

spirit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Spirit : STMIK Yadika Journal of Computing and Cybernetic System diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer didukung oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Yadika Bangil. Redaksi mengundang para profesional dari dunia usaha, pendidikan dan ...