Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA
Vol 3, No 1 (2019): Vol 3, No 1 (2019)

PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS SAINS BAGI GURU PAUD

Agus Budiyono (Universitas Islam Madura)
Linda Tri Antika (Universitas Islam Madura)
Arin Wildani (Universitas Islam Madura)
Saiful Hadi (Universitas Islam Madura)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2019

Abstract

Alat permainan edukatif (APE) merupakan permainan yang mampu memberikan pengetahuan dan kemampuan anak. APE yang digunakan adalah alat untuk bermain anak. APE sejatinya dibuat oleh guru sebelum memberikan pelajaran. Integrasi sains dalam permainan edukatif sangat menunjang guna membekali siswa PAUD dalam memiliki literasi sains sejak dini. Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang APE dan sains Dasar, meningkatkan kreatifitas dan keterampilan guru dalam membuat APE berbasis sains serta mampu menerapkan dalam pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah Participatory Action Research (PAR) berupa: 1) metode ceramah untuk memberikan gambaran materi APE berbasis sains yang telah disiapkan tim PkM; 2) metode latihan berupa pemilihan alat dan bahan serta merangkai menjadi APE; dan 3) metode mentoring ketika guru pada saat menerapkan APE berbasis sains dalam pembelajaran di sekolah. Hasil dari PkM ini, guru PAUD mampu membuat APE berbais sains serta mampu mengimplementasikan dalam permainan dan pembelajaran.   AbstractEducational Game Tools are some games those are able to provide knowledge and abilities for children. The children playing tools were used. Educational game tools are actually made by teacher before giving lessons. Integration of science in educational games strongly support to equip early childhood in having scientific literacy in early age. The objectives of this Community Service were to increase knowledge about Educational Game Tools and basic science, improve creativity and skills of teachers in making science-based Educational Game Tools, and apply it in learning. The method used Participatory Action Research (PAR): 1) lecture method to give an overview of science-based Educational Game Tools that had been prepared by the Community Service team; 2) training method, selecting tools, materials, and arranging them into Educational Game Tools; and 3) mentoring method when teachers used science-based Educational Game Tools in learning at school. The result of this Community Service, early childhood teachers can create science-based Educational Game Tools and competent to implement in games and learning. 

Copyrights © 2019