Berdasarkan observasi dan penelitian pendahuluan yang telah di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah perlu diadakan penelitian lebih lanjut maka didapatkan hasil bahwa peserta ekstra kurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Denpasar memerlukan pelatihan untuk meningkatkan kelincahan dalam teknik menghindar dan mengubah arah. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kelincahan pelatihan agility leader metode icky shuffle dan zig – zag run terhadap dua kelompok siswa putra yaitu, kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan experimental randomized pre-test dan post-test group design. Populasi diambil dari peserta ekstra kulikuler sepak bola SMP Negeri 2 Denpasar. Sampel berjumlah 24 orang diambil secara acak sederhana dari populasi yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Pelatihan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah pelatihan agility leader metode icky shuffle 4 repetisi 3 set pada kelompok perlakuan dan pelatihan zig – zag run melewati 5 buah cone 2 repetisi 2 set pada kelompok kontrol, frekuensi pelatihan empat kali dalam seminggu selama enam minggu pada peserta ekstra kulikuler sepak bola SMP Negeri 2 Denpasar. Data berupa hasil kelincahan shuttle run 5 meter 8 kali yang diambil sebelum dan sesudah pelatihan. Data yang di peroleh diuji dengan menggunakan program t-test. Data berditribusi normal dan homogen sehingga selanjutnya diuji menggunakan t-paired untuk membandingkan nilai rata – rata sebelum dan sesudah pelatihan antara masing – masing kelompok. Hasil uji t-paired kelompok kontrol dan kelompok perlakuan terjadi peningkatan yang bermakna ( p<0,05 ). Hasil uji t-test independent di dapat bahwa kedua kelompok sebelum pelatihan tidak berbeda bermakna ( p>0,05 ), sedangkan setelah pelatihan kedua kelompok kelincahan ada perbedaan yang bermakna ( p<0,05 ). Simpulan bahwa pelatihan agility leader metode icky shuffle 4 repetisi 3 set dapat meningkatkan kelincahan. Untuk hasil post-test menunjukan bahwa adanya perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan dan menyatakan hipotesis nol ditolak.
Copyrights © 2019