Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 10, No 1 (2019): April 2019

Profil Model Pemahaman Peserta Didik pada Topik Suhu dan Kalor: Studi Lintas Pendidikan

Rian Priyadi (Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
Krisna Suryanti (Pascasarjana, Universitas Andalas)
Luis Varela (Jurusan Fisika, Instituto Superior Cristal)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

Model pemahaman merupakan gambaran tentang cara berfikir peserta didik dalam memahami konsep ilmu, pentingnya mengetahui pemahaman peserta didik merupakan fokus penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui pertanyaan terbuka pada materi suhu dan kalor, meliputi: pemuaian, perubahan wujud, dan perpindahan kalor. Tahapan selanjutnya data dikategorikan berdasarkan rubrik model pemahaman. Kami menemukan bahwa dominan peserta didik pada setiap tingkatan memiliki model pemahaman pada kategori synthetic. Sehingga penting untuk meningkatkan model pemahaman peserta didik, agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep suhu dan kalor.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...