EDUKASI
Vol 17, No 1 (2019): Edisi Januari 2019

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MATERI PEWARISAN SIFAT PADA MAHLUK HIDUP KELAS IX- 6 SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE

Amina Puradin (Program Studi Pasca Sarjana Pendidikan Biologi Unkhair)
Said Hasan (Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unkhair)
A.R Tolangara (Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
07 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran team games tournament kelas IX6 SMP Negeri 4 Kota Ternate tahun pelajaran 2018- 2019 pada materi pewarisan sifat pada mahluk hidup, Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2018. Jenis penelitian yakni desain penilitian tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakan dua siklus. Hasil Penelitian menunjukkan Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajara IPA  materi Pewarisan sifat pada Mahluk hidup kelas IX6 SMP Negeri 4 Kota Ternate dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat bahwa prestasi belajar siswa kelas IX6 pada tes awal nilai rata-rata 40, 27% ketuntasan. Sedangkan pada post test 1 nilai rata-rata 60.04 dan peningkatan hasil belajar sebesar 23% dengan gain score 0.46 kategori sedang. Pada post test 2 nilai rata-rata siswa 82.09, ketuntasan 95% dan peningkatan hasil belajar sebesar 45% dengan gain score 1.23 kategori tinggi. Kata kunci: TGT, Hasil Belajar, Pewarisan Sifat Pada Mahluk Hidup

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...