Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1: April 2019

HUBUNGAN ANTARA LEARNING STYLE DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 2 PALEMBANG

Mardiah Astuti (Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Raden Fatah Palembang)
Fuaddilah Ali Sofyan (Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Raden Fatah Palembang)
Mira Marisa (Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
03 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara learning style dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 2 Palembang. Pendekatan dan metode penelitian ini menggunakan kuantitafif desain korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di MIN 2 Palembang berjumlah 261 siswa. Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 148 siswa. Data tentang learning style dikumpulkan dari pengisian angket learning style oleh responden, sedangkan hasil belajar didapat dari hasil post-test siswa. Hasil analisis data diperoleh bahwa untuk learning style visual rhitung (0.172) rtabel (0.1698), auditorial rhitung (0.251) rtabel (0.3172), kinestetik rhitung (0.127) rtabel (0.3009). Berdasarkan kriteria pengujian maka hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak (auditorial dan kinestetik). Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara learning style (auditorial dan visual) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 2 Palembang. This study aims to determine the correlation between learning style and student’s academic achievement of mathematics the fifth grade students at MIN 2 Palembang. This types of research are quantitative, correlation design. The population of this study was 261 students and 148 were taken as the sample by purposive sampling. The data collected are the results of filling the learning style and mathematics test by the respondents. The results of data analysis obtained for visual tcount (0.172) ttable (0.1698), while auditorial tcount (0.251) ttable (0.3172), cinestethic tcount (0.127) ttable (0.3009). Based on the criteria of test, the null hypothesis (Ho) is accepted and the alternative hypothesis (Ha) is rejected for auditorial and cinestethic. So it can be concluded that there is no significant correlation between learning style (auditorial and cinestethic) and student’s academic achievement of mathematics the fifth grade students at MIN 2 Palembang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...