cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016" : 15 Documents clear
MEMBANGKITKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA SUDUT SIKU-SIKU Sriani Nining; Srigati Srigati; Siti Mushofiah; Imam Maliki
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.96 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.4

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media, dan alat pembelajaran harus mengalami perubahan ke arah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya inovasi seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Seorang guru sangat diperlukan dalam menghadapi prestasi belajar siswa, tugas guru tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik, mengasuh, membimbing dan membentuk kepribadian siswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia. Kesalahan guru dalam mengajar akan mengakibatkan bergesernya fungsi guru secara perlahan-lahan, sehingga akan mengakibatkan hubungan antara guru dan siswa yang semula saling membutuhkan akan berubah menjadi hubungan yang saling acuh tak acuh, tidak membahagiakan dan membosankan.
PENERAPAN MODEL THREE PHASE TECHNIQUE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS MONOLOG BERBENTUK DESCRIPTIVE/PROCEDURE Paulina Christiani
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.531 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.15

Abstract

Materi tentang menulis teks monolog berbentuk descriptive/procedure penting karena berkaitan dengan standar kompetensi menulis-mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat. Pembelajaran bahasa Inggris di SMP bertujuan agar siswa mampu: 1) mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional; 2) memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global; 3) mengembangkan pemahaman siswa tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya. Penggunaan model TPT telah berhasil dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam menulis teks monolog berbentuk descriptive/procedure pada siswa kelas VII.C SMP Negeri 2 Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada siklus II sebanyak 34 siswa atau 100% mencapai KKM yang berarti mengalami peningkatan dibanding siklus I dimana siswa yang mencapai KKM hanya 29 siswa atau 85,29%.
UPAYA PENINGKATAN ANGKA PARTISIPASI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM SOSIALISASI TERPADU Sutopo Sutopo
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (32.474 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.10

Abstract

inwrought socialization program execution in this watchfulness achieve aim or target that appointed, because this program applications effectively proved give impact and influence enough significant towards entrant participation number enhanced educates at sd source country dumpyong 1 regency bondowoso. this program must then be carried out chronically so that government program in order to speed up obligatory successful learn education base 9 year complete
MENINGKATKAN SEMANGAT MEMBACA DAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PERMAINAN KATA BERSAMBUT Dewi Mustikowati; Eka Wijayanti; julung Darmanto
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.93 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.5

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan menulis siswa sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif, yang bertujuan pada hasil belajar yang akan dicapai. Belajar membaca dan menulis melalui permainan kata bersambut diharapkan dapat menginspirasi siswa sekolah dasar dalam kemampuan berfikir dalam mengolah kata sesuai dengan pengetahuanya. Selain itu, anak-anak diajak belajar sambil bermain dalam waktu yang bersamaan sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik, menyenangkan dan efektik karena setiap siswa aktif dalam proses pembelajaran. Penulis akan membahas pembelajaran kata melalui permainan kata bersambut.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER Nur Waqiah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.341 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkalian bilangan bulat melalui penerapan batang Napier di SDN Tampungrejo. Subyek penelitian berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa dan tes pada setiap akhir siklus. Prosedur penelitian ini meliputi : penyusunan rencana, tindakan,observasi, dan refleksi. Pada siklus III, ketuntasan klasikal yang dicapai siswa sebesar 92,59% dengan rata-rata nilai 87,22.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT PENGERJAAN HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) Napi'ah Napi'ah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.609 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.6

Abstract

This study was conducted at the first semester at fifth grade student of SDN PURI Mojokerto in Academic Year 2013-2014. This study uses classroom action research consists of two cycles. The objects of this study as much as 23 students. The data in this study were analyzed using descriptive analysis in order to describe the teacher’s activities, the student’s activities and student’s learning outcomes in learning. The results of this study showed the average of learning outcomes in the second cycle increased from the first cycle in the amount of 84,57 with the classical completeness 73,91 %. Thus model implementaion of cooperative learning type TPS (Think Pair Share) can increase the teacher’s activities, student’s activities and learning outcomes of fifth grade students of SDN PURI Mojokerto in Academic Year 2013-2014.
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA, DAN PROPINSI DENGAN SMaRT LEARNING Supriyatini Supriyatini
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.746 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.1

Abstract

Berdasarkan hasil angket sebelumnya sebagian besar siswa akan belajar jika diberi tugas oleh guru, hanya 10% siswa yang mendapatkan nilai antara rentangan 70-75.Rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan khususnya pada standar kompetensi Memahami Sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan propinsi, pada siswa ini merupakan masalah yang serius untuk itu penulis menerapkan SMaRT Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 4 siklus. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMART Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Memahami Sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan propinsi) siswa Kelas IV SD Negeri Punung II Kecamatan Punung Pacitan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING Siti Warindiyah Hermiati
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa.. Subyek penelitian sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, rata-rata nilai aktivitas siswa siklus I sebesar 10,24 dengan ketuntasan klasikal 64% dan meningkat pada siklus II sebesar 12,16 dengan ketuntasan klasikal 76%. Hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 56% dan meningkat pada siklus II sebanyak 21 siswa ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI TAHUN PELAJARAN 2014-2015 Marwati Marwati
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.33 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang untuk (1) Meningkatkan prestasi bola voli di Indonesia secara Nasional yang dimulai dari perkembangan pembinaan terhadap pemain-pemain tingkat sekolah. (2) Mencari bibit berbakat yang nantinya dapat dibina menjadi pemain prestasi yang akan menjunjung tinggi nama baik Nusa Bangsa dan Negara. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini diantaranya kualitas pemain dalam menguasai teknik dasar bermain bola voli Khususnya ketrampilan Teknik servis atas masih kurang dikuasai. Untuk itu perlu pembinaan peningkatan kemahiran dan kemampuan siswa dalam teknik dasar bola voli dalam bentuk pembelajaran yang sesuai dengan kondisi para siswa.
IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA Esminarto Esminarto; Sukowati Sukowati; Nur Suryowati; Khoirul Anam
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.272 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.2

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan seharusnya menyenangkan bagi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga ikut meningkatkan hasil belajar pada siswa. Kenyataanya sebagian guru lebih suka menerapkan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran cooperative tipe STAD menjadi salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. STAD (Student Team Achievement Division) adalah pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan untuk mengaktifkan siswa. Hasil dari penerapan STAD yang dilakukan oleh guru adalah STAD dapat meningkatkan hasil pembelajaran pada siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2016 2016